PALAS-Sekaitan pelaksanaan 1000 Tenda Caldera Toba Festival desa Meat 2019 selama 3 hari mulai dari hari Jumat - Sabtu (28 s/d 30 Juni 2019 terselenggara berkat kerja sama antara Masyarakat dan Pemerintahan desa Meat Kec.Tampahan dengan Komunitas Rumah Karya Indonesia (RKI). "Kegiatan ini murni tidak disponsori oleh siapapun, baik dari pihak Pemerintah, Swasta maupun BPODT,"ucap Janri Simanjuntak, Kepala Desa Meat Kecamatan Tampahan kepada Gosumut dirumahnya Minggu, (30/6/2019).

Hal tersebut juga diakui Direktur Pemasaran BPODT Ir.Basar Simanjuntak. kepada Gosumut via WA selulernya menyampaikan dan membenarkan tidak ada sangkut pautnya BPODT akan pelaksanaan kegiatan 1000 Tenda Caldera Toba Festival desa Meat 2019 yang berlangsung selama 3 hari itu.

Ditegaskan Basar, BPODT merencanakan dan mendukung beberapa event di kawasan Danau Toba di 8 Kabupaten kawasan Danau Toba baik yang dimiliki oleh Komunitas atau Pemkab.

"Diawal tahun 2019 Komunitas Rumah Karya Indonesia (RKI) mengusulkan 3 event mereka untuk kami dukung (BPODT dukung) termasuk 1000 Tenda ini. Dengan pertimbangan sebaran lokasi atau Kabupaten dari 3 event itu, satu Event kami pilih dan ditetapkan menjadi Calender Of Event (17 Event) yakni Tao Toba Silalahi Art Festival,"ucap Basar.

"Jadi, tidak semua juga Event di kawasan Danau Toba bisa kami dukung. Namun demikian kami (BPODT) tetap mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat sekawasan Danau Toba maupun yang pelaksanaan kegiatannya bekerja sama dengan Komunitas," tegas Basar.

Diungkapnya, sebagai apresiasi dukungan BPODT kepada RKI dan Masyarakat Meat atas digelarnya 1000 Tenda pihaknya mengunjungi lokasi acara kegiatan digelar, dan memberi semangat kepada Rumah Karya Indonesia (RKI) melalui Ojak Manalu sebagai Ketua RKI dan Siparjalang sebagai Direktur pelaksana kegiatan 1000 Tenda Caldera Toba Festival desa Meat.***