MEDAN-Dalam Rapat Senat Unimed bersama Kementerian riset dan teknologi tinggi ( Kemenristekdikti) Dr. Syamsul Gultom KM, M.Kes, terpilih sebagai rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) periode 2019-2023. Proses pemilihan rektor Unimed ini digelar di ruang sidang A gedung pusat administrasi Unimed, Kamis (27/6/2019).

Dalam Pemilihan Rektor Unimed ini, setiap anggota senat memiliki hak 1 suara, sedangkan Menristekdikti memiliki 27 hak suara yakni 35 % dari jumlah senat Unimed, hal ini sesuai aturan Permenristekdikti nomor 21 tahun 2018 tentang pengangkatan dan pemberhentian pimpinan PTN. Anggota Senat Unimed terdiri dari unsur pimpinan yakni Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Ketua Lembaga dan Ketua Unit, serta lima orang perwakilan dosen dari setiap fakultas, (sesuai statuta Unimed).

Adapun dari hasil pemilihan Rektor Unimed periode 2019-2023 ada 3 nama yang terpilih yakni Dr.Syamsul Gultom, S.KM, M.Kes, Dr. Martina Restuati, M.Si, dan Dr Marice, M.Hum. Namun seluruh suara diperoleh oleh Dr.Syamsul Gultom, S.KM, M.Kes sedangkan kedua calon lainnya tidak memperoleh suara.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang diwakilkan oleh Ari Hendrarto Saleh, SE, M.Si. selaku Kepala Biro SDM Kemenristekdikti mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi atas semua tahapan Pemilihan Rektor Unimed ini berjalan dengan tertib, aman dan sesuai mekanisme aturan yang ada di Kemenristekdikti.

“Semoga Dr. Syamsul Gultom, S.KM, M.Kes, selaku Rektor Unimed terpilih dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik untuk kemajuan Unimed menuju kampus terbaik di negeri ini. Semoga bisa lebih baik lagi target dan capaiannya dari yang telah dicapai oleh Rektor yang akan berakhir masa jabatannya hingga dilantiknya Rektor yang baru nanti. Kami akan jadwalkan segera pelantikan Rektor Unimed terpilih ini oleh Menristekdikti secepatnya,” katanya.

Semenatara, Dr. Syamsul Gultom, S.KM, M.Kes, dalam Rektor Unimed yang terpilih mengucapkan ribuan terima kasih kepada pihak Menristekdikti atas arahan dan masukkannya.

“Terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Rektor dan seluruh anggota senat yang hadir dalam acara pemilihan Rektor Unimed kali ini. Melalui Rapat Senat yang terhormat ini, saya mengajak agar kita terus meningkatkan kekompakan dan kebersamaan dalam membangun kampus Unimed yang kita banggakan ini menjadi kampus terbaik menuju world class university. Prestasi dan capaian yang telah ditorehkan oleh Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom, mari kita tingkatkan bersama, saya yakin dengan komitmen dan kebersamaan kita dalam membangun dan mengembangkan Unimed menjadi kampus terbaik akan mudah kita capai,” pungkasnya.

Dia juga menambahkan untuk bersama-sama agar Unimed dapat segera menjadi PTN-BH. Dia mengajak kepada seluruh civitas Unimed, seluruh guru besar, dosen dan pegawai, untuk bergandengan tangan dan bersama-sama melakukan yang terbaik untuk pengembangan dan kemajuan Unimed.

“Mari kita jadikan Unimed sebagai kampus kebanggaan warga Sumatera Utara dan menjadi PTN terbaik di kancah nasional dan dunia,” tutupnya.*