LABURA - Polsek Kualuh Hulu melalui personel Bhabinkamtibmas dan Binmas terus melaksanakan tugasnya di tingkat desa sampai kelurahan yang bertugas mengemban fungsi pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat.

Ada berbagai kegiatan Unit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek Kualuh Hulu yang berhasil dihimpun awak media ini, Selasa (25/6/2019) pagi tadi. Di mana, giat Polri ini diawali dengan silaturahmi Kanit Binmas Iptu T Muzakir dengan Ketua IPHI, H.Tohari bersama dengan masyarakat dan tokoh adat di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Aek Kanopan. Di sini, Kanit Binmas juga menyampaikan pesan – pesan kamtibmas.

Di tempat lain, Bhabinkamtibmas Desa Kelurahan Gunting Saga, Aiptu Rahmadi melayat ke rumah duka salah seorang warga atas meninggalnya Kepala Lingkungan XII, A. Dahren Tanjung di Kelurahan Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labura.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Simangalam, Aiptu Robin Hutagaol melaksanakan sambang desa dengan warga sembari menyampaikan pesan - pesan kamtibmas agar tetap rukun dalam hidup bermasyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Begitu juga di Desa Damuli Kebun. Personel Bhabinkamtibmas Polsek Kualuh Hulu, Aipda Raja Husein Siregar juga melakukan hal senada saat tatap muka dengan tokoh agama.

Di kediaman salah seorang warga, Ibu Hilmiyati, personel Bhabinkamtibmas Desa Labuhan Haji Bripka Rajinsyah Siregar melaksanakan anjang sana dan menyampaikan pesan - pesan kamtibmas untuk memperhatikan putra-putrinya agar tidak ikut dalam penyalahgunaan dan lingkaran narkoba yang dapat merugikan diri sendiri.

Di Desa Siamporik, personel Bhabinkamtibmas Bripka Darma melaksanakan sambang desa dan berharap agar warga selalu waspada terhadap orang yang tidak dikenal. Apabila ada yang dicurigai di lingkungan, dirinya meminta agar warga segera melaporkan ke kepala dusun atau perangkat desa atau Babinkamtibmas untuk menjaga keamanan desa.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang melalui Kapolsek Kualuh HUlu, AKp asmon Bufitra menyampaikan, giat Polri ini tak lain untuk menjalankan dan melaksanakan tugasnya di desa serta melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan penyuluhan, pemberdayaan perpolisian masyarakat (Polmas), melaksanakan pengawasan masyarakat, melaksanakan koordinasi keamanan masyarakat.

"Harapannya terjalinnya sinergitas antara Polri dan masyarakat," ujar Kapolsek.

Di lain sisi, Kapolsek berharap, permasalahan kecil yang terjadi di desa dapat diselesaikan secara mediasi oleh personel Bhabinkamtibmas.

"Jika terjadi tindak pidana penyalahgunaan narkoba atau tindak kriminal lainnya, silakan lapor ke Bhabinkamtibmas masing-masing. Nanti akan kita tindak lanjuti," tutup Kapolsek.