MEDAN - Sebanyak 10 kabupaten/kota akan bersaing menjadi terbaik di cabang olahraga (cabor) bulutangkis Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2019.

Kesepuluh kabupaten/kota itu yakni Asahan, Batu Bara, Binjai, Deli Serdang, Labuhanbatu Utara (Labura), Medan, Padang Sidempuan, Tebing Tinggi, Serdang Bedagai dan Labuhanbatu Selatan (Labusel).

Semua pertandingan digelar di Gedung PBSI Sumut Jalan Willem Iskandar, Medan dari tanggal 23 sampai 27 Juni mendatang. Ketua Pelaksana cabor bulutangkis Porprovsu, Edi Ruspandi mengatakan, kesepuluh kabupaten/kota itu akan memperebutkan 7 medali emas dari 7 nomor pertandingan yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, ganda campuran (kategori perorangan), beregu putra dan beregu putri (kategori beregu).

"Besok (pertandingan) sudah mulai dengan diawali (kategori) beregu. Setelah seluruh laga beregu selesai, baru dilanjutkan (kategori) perorangan," kata Edi didampingi Koordinator perwasitan M Yafis, usai technical meeting di Aula PBSI Sumut, Sabtu (22/6).

Koordinator perwasitan M Yafis yang mewakili Technical Delegate menjelaskan, kategori beregu baik putra dan putri dibagi masing-masing ke dalam dua pool.

Dijelaskannya, setelah drawing kategori putra pool A diisi Asahan, Labura, Padang Sidempuan dan Deli Serdang, sedangkan pool B diisi Medan, Binjai, Batu Bara dan Tebing Tinggi.

Sementara untuk kategori beregu putri, lanjut Yafis, pool C diisi Medan, Labura, Serdang Bedagai dan Asahan. Sedangkan pool D diisi Tebing Tinggi, Padang Sidempuan, Binjai dan Deli Serdang.

"Sementara di kategori perorangan diikuti 9 kabupaten/kota yang dari kategori beregu tadi, plus Labusel yang hanya meloloskan satu tunggal putra dan satu tunggal putri di kategori perorangan. Rencana kategori perorangan akan digelar Selasa (25/6) siang," tutupnya.