PALAS-Harga sawit mengalami sedikit kenaikan pada minggu ini. Tetapi harga tersebut masih di bawah harapan  petani di Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Sampai pertengahan Juni 2019 harga TBS ditingkat PKS masih berada pada kisaran harga Rp 1.030, per kilogram.

H.Muklan Hasibuan,penampung buah sawit di Desa Janji Lobi Lima,Kecamatan Lubuk Barumun membenarkan adanya sedikit kenaikan untuk harga beli TBS ditingkat penampungan desa atau kecamatan ,saat ini harganya Rp 900 -920 yang sebelumnya Rp 850-870 ,ada kenaikan sebesar Rp 50.

"Tetapi  saat ini produksi buah sawit sedang trek atau turun karena pengaruh musim, ya gini la jadinya, minggu ini naik minggu depan belum tahu, katanya,Jumat(14/6/2019).

  Menurut dia , harga TBS masih dikisaran harga tak beda jauh sebelumnya,hanya ada kenaikan sedikit tidak sesuai yang diharapkan para petani.

Ditempat terpisah penampung buah sawit di kecamatan Barumun Ishak menjelaskan untuk saat ini harga jual  tanda buah segar (TBS )  ke  Pabrik Kelapa Sawit (PKS) posisi saat ini bekisaran  Rp. 1.030  per kilogram.

  Ditanya apakah kenaikan harga TBS akan terus membaik .Ishak   menyatakan, belum dapat memastikan apa kisaran kenaikan masih bertahan atau menurun untuk minggu depan.

"Untuk minggu ini,harga jual buah sawit di PKS  untuk jenis super Rp 1.030 per kilogram ,buah besar Rp 1.020 per kilogram dan buah sedang Rp 1.005 ,sampai saat ini masih bertahan ," sebutnya.*