MEDAN - Kepala Perwakilan BKKBN Sumut melalui Sekretaris Yusrizal Batubara menerangkan, peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440 H yang dilaksanakan BKKBN diharapkan menjadi motivasi bagi otoritas KB Sumut dalam pembangunan keluarga. "Dengan peringatan ini juga mempererat tali persaudaraan. Memotivasi ASN BKKBN Sumut untuk pembangunan keluarga," harap Yusrizal dalam peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440 H, Kamis (2/5) di halaman kantor perwakilan BKKBN Sumut.

Sementara, Ketua BKM Masjid As Sakinah BKKBN Sumut, Ary Armawan menyampaikan, peringatan ini hendaknya dapat meningkatkan ukhuwah islamiah dan apa yang disampaikan Al Ustad dalam tausyiahnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Dapat mempererat ukhuwah dan membangun rasa kekeluargaan kita. Senantiasa bertaqwa pada Allah SWT," pintanya.

Ia juga mengatakan, di Masjid As Sakinah pada bulan puasa juga akan dilaksanakan tadarusan setiap Jumat. Sedangkan, Al Ustadz Muhammad Yusuf Siregar dalam tausyiahnya menyampaikan, ada dua perjalanan Rasul yang fenomenal yaitu Isra' Mi'raj dan Hijrah.

"Kalau Isra', nabi tak perlu strategi dan siasat, karena perjalanan ini sudah difasilitasi Allah. Waktunya malam, kenderaannya buroq," ujarnya.

Namun, lanjutnya, kalau hijrah, Nabi punya strategi sehingga selamat saat keluar dari rumah. Selain itu, Nabi, memiliki kepintaran seperti saat melakukan hijrah ke Mekkah.

"Empat sifat nabi, salah satunya fatonah yaitu cerdas. Itu makanya kita sebagai unat muslim harus pintar," ujarnya.

Peristiwa Isra' Mi'raj, jelas Al ustadz, terjadi karena nabi berduka cita ditinggal pamannya Abu Thalib dan istrinya Siti Khodijah yang mengorbankan jiwa dan hartanya demi Islam. "Jadi, bersedekalah untuk agama yang datangkan lima manfaat yaitu Allah tambah rezekinya, obat bagi penyakit. Ketiga, kata rasul, mengangkat bala dari rumah mereka, dari kampung mereka. Keempat, yang suka bersedakah, kata rasul, saat melewati siraj, laksana petir langsung menuju surga dan kelima masuk ke surga tanpa hisab," terangnya.

Menurutnya, inti Isra' Mi'raj agar sebagai umat muslim senantiasa menjadikan masjid sebagai tempat beribadah dan berdoa, karena perjalanan nabi itu dari masjid ke masjid.

Peringatan isra' mi'raj ini mengangkat tema "Melalui peringatan kita jadikan momentum memperkuat rasa kebersamaan dan persaudaraan untuk mewujudkan ASN yang melayani dan bermartabat" sekaligus menyambut bulan suci ramadhan 1440 H. Dalam peringatan ini juga dilaksanakan pemberian tali asih pendidikan kepada siswa SMP. *