PALAS-Bupati Padang Lawas (Palas) H Ali Sutan Harahap (TSO) mengajak seluruh masyarakat  untuk terus menggali potensi, minat dan baca Alquran menuju generasi Qurani yang cerdas, berprestasi dan berahlaqul karimah guna mewujudkan Kabupaten Palas Beriman Cerdas ,Sehat ,Sejahtera dan Berbudaya (Bercahaya).

Selain itu papar TSO, lantunan ayat-ayat suci Alquran  yang menggema selama pelaksanaan MTQ ke XII Tingkat Kabupaten Palas yang dipusatkan di Lapangan bola Sianggunan,Kecamatan Sosopan diyakini mampu menciptakan nuansa religius yang beriman dengan  menghadirkan suasana yang memberi kesejukan batin bagi masyarakat. Itu sebabnya agenda  rutin ini Pemkab Palas setiap tahunnnya menggelar MTQ.

"Saya yakin event ini dapat menjadi forum silaturahim yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan  sesama warga dikabupaten Palas ini ," kata TSO  ketika membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-12  Tingkat Kabupaten Palas  tahun 2019 di Kecamatan Sosopan ,Kamis (25/4/2019) malam.

Di hadapan puluhan ribu masyarakat yang menghadiri acara pembukaan,Bupati  selanjutnya berharap, agar MTQ dapat menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif. Secara nyata, MTQ telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah mewujudkan Palas Bercahaya.

"Yang terpenting, bagaimana penyelenggaraan MTQ bisa menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Alquran sebagai pedoman dan petunjuk hidup manusia," ungkap TSO.

Dalam festival pemuliaan Alquran itu  turut dihadiri  Wakil Bupati Palas ,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu Sekda Arpan Nasution unsur Forkopimda Kabupaten Palas, Wakil Ketua DPRD Palas H.Irsan Bangun Harahap , Ketua MUI Palas .H Ismail Nasution,Kamenag Palas Drs.Amran Hasibuan, seluruh pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Palas ,Camat se Palas , alim ulama, tokoh masyarakat.

Lebih jauh Bupati mengungkapkan, Alquran juga sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak pernah habis untuk digali dan dikaji khusus bagi generasi muda serta masyarakat.

Bupati  menambahkan, keluhuran nilai-nilai ajaran Alquran sebagai pedoman dan pandangan hidup perlu ditumbuh kembangkan melalui proses pendidikan, baik formal maupun informal.

Atas dasar itulah ,kata Bupati, MTQ digelar secara rutin setiap tahun  dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan sekaligus pengamalan isi dan kandungan yang tersirat maupun yang tersurat dalam kitab suci Alquran.

Oleh karenanya Bupati  berharap,  agar pelaksanaan MTQ tahun ini bisa berjalan dengan baik dan mampu melahirkan qori dan qoriah terbaik, sehingga nantinya bisa mengikuti kegiatan dan jenjang yang lebih tinggi lagi.“Alhamdulillah, Palas sampai saat ini masih banyak melahirkan  qori-qoriah terbaik,” paparnya.

Ketua Umum MTQ ke XII Tingkat Kabupaten Palas  Sekda Arpan Nasution menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada seluruh kafilah. Sekda berharap, MTQ kali ini menjadi ajang aktualisasi diri menjadi terbaik dan dapat terus melanjutkan ke jenjang berikutnya.

“Semoga MTQ kali ini dapat memberikan pengaruh positif kepada masyarakat Kabupaten Palas  dalam mencintai Alquran. Mari kita sukseskan Gerakan Meng-qur'an-kan Masyarakat dan Memasyarakatkan Qur’an,” ajaknya.

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan beduk  oleh Bupati TSO  bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Palas  Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir kepada Ketua Umum Panitia  MTQ ke XII dari Camat Batang Lubu Sutam , Ilmanuddin Daulay.

Bupati  menyerahkan piala tersebut kepada Ketua Panitia MTQ untuk diperebutkan kembali dalam MTQ ke-XII  ini.Setelah itu prosesi pembukaan dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakim oleh Bupati TSO.

Pelaksanaan MTQ ke-XII Tingkat Kabupaten Palas  tahun 2019 akan berlangsung selama 4 hari  dimulai 25-28 April mendatang.

Ada 8 cabang yang diperlombakan dimusabaqa ini  yakni Cabang Mujawwad (MTQ),Tartil Qur,an, Fahmil Qur’an (MFQ), Syarhil Qur’an (MSQ) Khattil Qur’an (MKQ), Tafsirul Qur’an, Musabaqah Makalah Ilmiah Alquran (M2IQ) serta Musabaqah ini juga memperlombakan  Qira,atul dengan cabang Marhalah kutub ula , Marhalah Wustho , Marhalah Ulya dan Debat Bahasa Arab serta Inggris.

Sekda Arpan Nasution selaku Ketua Umum Panitia menjelaskan, peserta MTQ ke-XII  Tingkat Kabupaten Palas. tahun 2019 ini berjumlah 768  orang yang merupakan utusan dari 12 kecamatan se Kabupaten Palas.

Dengan rincian,kata Sekda , 465 orang peserta perlombaan MTQ terdiri dari putra 242 orang dan putri 223 orang ditambah jumlah peserta untuk Qiratul Qutub sebanyak 330 Orang,terdiri dari  putra 129 dan putri 174 orang.

Untuk tercapainya tujuan MTQ telah ditetapkan Dewan Hakim.berdasarkan Keputusan Bupati No : 451.14/142/KPTS /2019 tentang pengangkatan Dewan Hakim MTQ ke XII Tahun 2019  yang berjumlah 114 orang.

Arpan  juga melaporkan, selama berlangsungnya MTQ juga digelar pameran yang diikuti oleh seluruh OPD dilingkungan kerja  Kabupaten Palas, TP PKK Kabupaten Palas, dan seluruh OPD.

Ia menambahkan,  pameran stand ini akan dilakukan penilaian terhadap stand pameran terbaik untuk kategori Stand seluruh OPD yang ikut dalam.arena MTQ ke XII Tingkat Kabupaten Palas.*