MEDAN - Menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah, PD Pasar Kota Medan Menggelar Isra Mi'raj, Jumat (26/4) di halaman kantor PD Pasar Kota Medan Lantai 3 Pasar Petisah Medan.

Peringatan Isra Mi'raj itu diisi dengan melantunkan dzikir dan istighosah yang dipandu oleh Majelis Al hikmah dari Surabaya. Dan tausyiah dibawakan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan, Mohammad Hatta.

Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya dalam sambutannya mengatakan sangat bersyukur dapat berkumpul dalam satu majelis yang tentunya dikatakan didalamnya diisi oleh ibadah salah satunya dzikir, istighosah atau meminta pertolongan ketika keadaan sukar dan sulit serta melantunkan Kalam Allah SWT.

"Kita harapkan kekhususan kita dalam peringatan Isra Mi'raj ini bermanfaat bagi keluarga dan orang tua kita dan apa pun yang menjadi doa kita semua dikabulkan oleh Allah SWT, dimudahkan urusan kita dan dijatuhkan dari orang-orang yang dengki, keji dzolim dan fitnah," ungkapnya.

Di kesempatan itu Ia juga mengatakan peringatan Isra Mi'raj ini merupakan pertama kalinya digelar di PD Pasar Kota Medan, sehingga kedepannya ia menginginkan moment penting bagi umat Islam itu akan rutin diperingati di PD Pasar Kota Medan.

"Saya hanya menginginkan pekerjaan kita itu bermanfaat bagi orang lain. Bagaimana kita harus melayani konsumen dan pedagang dengan baik. Dan hari ini kita melaksanakan Isra Mi'raj yang begitu banyak hikmahnya bagi kita semua," paparnya.

Ketua MUI Medan, Mohammad Hatta dalam tausiyahnya mengatakan moment ini adalah peristiwa besar yang terjadi pada Rasulullah Saw. Di pasar ini kita melakukan sesuai yang luar biasa. Ditengah hiruk pikuk pasar kita melihat Rasulullah sebagai pedagang bahwa kala ada namanya mabrur itu hanya ada dua tempat pertama bagi orang melaksanakan haji dan kedua adalah pasar.

"Pasar ini merupakan tempat terbangun sebuah peradaban maka dikatakan oleh Rasulullah bahwa pasar ini merupakan tempat jika pernah mampu dan mengelola pasar dengan baik maka akan muncul manusia yang mabrur dan mabruroh," katanya.

Sambungnya, inilah pentingnya melakukan peringatan yang berkaitan dengan kehidupan Rasulullah. Isra Mi'raj adalah mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhamad sebagaimana mukjizat juga diberikan kepada rasul lainnya.

Hadir pada peringatan Isra Mi'raj tersebut Ketua MUI Medan, Mohammad Hatta, Ustad Yahya harianto dari Surabaya, Ustad Muzamil dari Jawa Timur, Abdul Muthalib, dan sejumlah ustad lainnya, Perwakilan Kajari Muhammad Ilham, Kepala Pasar, Kabag dan Kasi jajaran PD Pasar dan Keluarga Besar PD Pasar.