JAKARTA - Dihadapan Dewan Pengurus Korpri Sekretariat Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat periode 2019-2024, Sesjen MPR Dr. Ma’ruf Cahyono SH, MH, menitipkan harapan agar pengurus yang baru dikukuhkan mampu memenuhi harapan seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan MPR. Khususnya menyangkut peningkatan profesionaliatas, netralitas dan akuntabikitas, serta kesejahteraan pegawai. Pada kesempatan itu, Ma’ruf juga berpesan, agar pengurus Korpri mampu menjalin silaturrahmi dengan KORPRI Setjen DPR dan DPD, serta para mantan pegawai MPR. Karena rangkaian sejarah Korpri Sekretariat Jenderal MPR tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kiprah dan peranserta dari para senior yang saat ini sudah menjalani masa purna tugas.

"Semua pengurus harus bahu membahu melaksanakan program kerja, yang sudah disusun, semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh anggota," kata Ma’ruf di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (24/4) kemarin.

Harapan itu disampaikan Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono yang juga penasihat Korpri MPR saat memberikan sambutan pada acara pengukuhan Dewan Pengurus Korpri Sekretariat Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat periode 2019-2024.

Prosesi pengukuhan Dewan Pengurus Korpri Sesjen MPR sendiri dipimpin Ketua I Dewan Pengurus Korpri Nasional Dr. Drs. Reydonnyzar Moenek M. Devt. M. Pengukuhan Dewan Pengurus Korpri, itu ditandai penyerahan Petaka dari Reydonnyzar Moenek kepada Ketua Dewan Pengurus Korpri Setjen MPR Tugiyana, S. IP

Selanjutnya Ma'ruf juga berharap, Korpri Setjen MPR bisa melakukan kerjasama dengan pengurus Korpi lembaga negara yang lain termasuk Korpri Unit Kementerian. Terutama dalam penegembangan minat bakat serta kemampuan anggota. Selain itu, Korpri Sesjen MPR juga harus berkontribusi dan mendukung program-program kerja yang dilaksanakan Dewan Pengurus Korpri Nasional.

"Kita juga harus proaktif dan berpartisipasi aktif dalam rencana mukernas korpri yang akan dilaksanakan di Jakarta. Yang tak kalah penting, Korpri Sesjen MPR juga harus mendukung program-program Sosialisasi Empat Pilar MPR," tambahnya.

Yang tak kalah Penting, menurut Ma’ruf Korpri juga harus dapat mengajak serta kalangan Dharma Wanita Unit MPR dalam meningkatkan herkat, martabat dan kesejahteraan seluruh pegawai. Apalagi, dalam waktu yang tak akan lama lagi, pengurus Dharma Wanita Unit MPR akan segera dilantik dan dikukuhkan.

Kepada Dewan Pengurus Korpri Nasional, Ma’ruf menyampaikan, pemilihan Pengurus Korpri Sesjen MPR berlangsung secara musyawarah mufakat, tidak menggunakan pemungutan suara (votting). Menurutnya ini merupakan pelaksanaan dari sila keempat "Kerakyatan Yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan".

"Kami tidak sekedar bicara soal Pancasila, tetapi Korpri MPR sudah melaksanakan sila-sila yang ada dalam Pancasila itu sendiri," kata Ma’ruf disambut applaus undangan yang hadir pada acara tersebut.

Selanjutnya Ma'ruf menjelaskan tentang struktur pengurus baru yang sedikit berbeda dengan yang lama. Pembidangan yang dibentuk mencerminkan penguatan program program yang selaras dengan nilai nilai organisasi Setjen MPR yakni " HARMONI", Humanis, Akuntabel, Responsif, Melayani, Obyektif, Netral dan Integritas.

Bidang-bidang yang di bentuk dalam struktur yang baru meliputi Bidang Organisasi dan kelembagaan, Bidang pembinaan dan peningkatan disiplin, Bidang kerjasama, usaha dan kesejahteraan, Bidang olahraga dan seni budaya, Bidang kerohanian dan mental, Bidang bantuan hukum dan pengaduan masyarakat, Bidang peningkatan peran perempuan, serta Bidang publikasi dan informasi. Saya berharap semua bidang yang di bentuk dapat melaksanakan program kerja dengan baik sesuai dengan nilai-nilai organisasi Setjen MPR yakni “HARMONI”.***