PALAS-Rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 untuk pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 4 Kecamatan sudah selesai, tinggal diantarkan ke KPU Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Hasil rekapitulasi yang telah selesai dihitung ditingkat  PPK Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Barumun Selatan (Barsel) ,Kecamatan Sosa, Kecamatan Batang Lubu Sutam dan Kecamatan Sihapas Barumun.

  Komisiner KPU Palas Divisi Program Data dan Informasi ( Prodatim) Amran Pulungan  mengatakan, hasil perhitungan suara dari TPS secara keseluruhan telah diselesaikan  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  untuk 4 kecamatan.

"PPK telah  merampung secara keseluruhan hasil rekapitulasi perhitungan suara dari  TPS ,"kata Amran, Rabu(24/4/2019).

Dikatakan, hasil perhitungan suara (C1-plano) mengunakan sistim aplikasi perhitungan Situng oleh Ketua dan anggota PPK diempat kecamatan itu disaksikan sejumlah saksi, Panwascam serta unsur pemerintahan.

Saat ini, tambah dia,KPU Palas masih menunggu dokumen rekapitulasi perhitungan suara dari kecamatan Sosa, Batang Lubu Sutam dan Sihapas Barumun.

  Ia menjelaskan, untuk  proses perhitungan di kecamatan lainnya diperkirakan dalam sepekan ini akan tuntas secara keseluruhan dari 12 Kecamatan  yang tersebar di Kabupaten Palas.

Pernyataan senada disampaikan Ketua Bawaslu Palas Rahmat Efendi Siregar Kata Rahmat. "Kita masih terus memantau dan menunggu hasil rekapitulasi penghitungan suara dari PPK yang akan masuk ke KPU Palas," imbuhnya.*