MEDAN - Sebanyak 67 tim bersaing dalam Kejuaraan Trup Gembira dan Domino Prestasi memperebutkan Piala Kapolda Sumut 2019 di Markas Polda Sumut, Sabtu (6/4/2019).

Ajang ini berlangsung selama dua hari mulai 6-7 April. Dari 67 tim itu, sebanyak 44 tim dalam kategori Domino. Sedangkan kategori Trup Gembira diikuti 23 tim. Peserta juga berasal dari berbagai kalangan mulai dari instansi pemerintah, BUMN, Lembaga Pendidikan, Perbankan, Organisasi Profesi dan lainnya. Kapolda Sumut Agus Andrianto diwakili Karo SDM Polda Sumut, Kombes Pol I K Suwarsana yang membuka Kejuaraan ini, mengatakan ajang tersebut digelar demi menggalakkan permainan masyarakat yang bisa menjadi prestasi.

"Tujuannya memang kita mau menggalakkan lagi permainan masyarakat. Sesuai instruksi dari Bapak Kapolda ajang ini juga nantinya bisa menjadi ajang prestasi. Sekaligus juga tujuannya silaturahmi Polisi dengan masyarakat," ujarnya.

Penanggungjawab Turnamen, Prof Ibrahim Gultom melalui Dr Alpi Sahari menjelaskan, melalui turnamen ini pihaknya juga ingin menghidupkan kembali kearifan lokal sebagai bentuk permainan masyarakat Sumut. Apalagi generasi milenial saat ini belum banyak yang tahu adanya Domino dan Trup Gembira.

"Peminat Trup Gembira di Sumut saat ini memang minatnya kurang. Generasi milenial juga sedikit paham adanya Trup dan Domino ini. Makanya inilah kami tumbuhkan lagi. Terutama mengembangkan lagi kepekaan sosial," pungkasnya.

Dalam ajang ini, Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis juga turut berkompetisi. Ia membawa tim KONI Sumut yang berduet dengan Sekum KONI Sumut, Khairul Azmi Hutasuhut.