PALAS-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikdasbud) Kabupaten Padang Lawas (Palas)  bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) Medan menggelar kegiatan Pelatihan Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMP tahun 2019 selama lima hari mulai Senin sampai Jumat (5/1/2019) di aula Hotel Syamsiah Sibuhuan.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas Drs. Abdul Rahim Hasibuan.

Tampak hadir Kabid Dikdasmen M. Rasyidi Hasibuan, Direktur POSI Medan Fahrurozi, Kasi Kurikulum Komad Jamal Harahap, Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dondang Sari Nasution, Kasi Bantuan dan Peningkatan Mutu Siswa Ageng Kristianto, staf Bidang Dikdasmen, para Kepala SMP dan guru pembimbing.

Ketua panitia Kabid Dikdasmen M. Rasyidi Hasibuan mengatakan pelatihan ini bertujuan sebagai persiapan sekaligus pembinaan bagi para pemenang OSN SMP tingkat Kabupaten Palas  yang telah dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 16 Maret 2019 yang lalu.

Disamping itu ,katanya ,kegiatan ini juga bertujuan sebagai persiapan dalam menghadapi Seleksi OSN SMP Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 April 2019 mendatang di Medan.

"Peserta pelatihan OSN SMP ini yaitu sebanyak 15 orang yang terdiri dari pemenang 5 Besar masing-masing Bidang Studi yaitu Matematika, IPA dan IPS. Para peserta akan dikarantina selama 5 hari kedepan dengan menerapkan pola pelatihan 40 jam,"terangnya.

  Pelatih kegiatan ini merupakan orang-orang yang sudah pernah meraih medali OSN baik di tingkat Provinsi maupun Nasional.

Dikesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabid Dikdasmen dan Direktur POSI Medan menyerahkan hadiah berupa trophy dan medali kepada juara 1, 2 dan 3 untuk bidang studi Matematika, IPA dan IPS pada pelaksanaan OSN SMP tingkat Kabupaten Padang Lawas yang dilaksanakan Maret lalu.*