PALAS-Managemen PT Permata Hijau Sawit (PHS) Mananti Kabupaten Padang Lawas (Palas) salurkan program CSR Permata Cerdas berupa beasiswa bantuan pendidikan berprestasi kepada siswa-siswi kurang mampu.

Pelaksanaan penyerahan  bantuan beasiswa kepada 5 orang siswa sebagai wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan dari  PT Permata Hijau Sawit (PHS) ,di ruangan Kepala.Sekolah SMKN 1 Barumun ,Jalan Pembagunan Sibuhuan,Senin (1/4/2019).

Kegiatan penyerahan bantuan  turut disaksikan Pemerintah Kabupaten Palas Kepala  Lingkungan IV Sibuhuan, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Barumun H Mukmin Saipul serta  orang tua siswa SMK Negeri 1 Barumun.

Mill Manager PT Permata Hijau Sawit Mananti Dapot SH. Hutabarat menyampaikan bahwa perusahaan PT Permata Hijau Sawit yang tergabung dalam Permata Hijau Group berkomitmen untuk membantu masyarakat melalui program-program CSR.

Dikatakan siswa yang memiki attitude dan prestasi baik, PT PHS juga menampung lulusan sekolah menengah kejuruan untuk bekerja diperusahan.

  "Perusahan PT PHS terus berkomitmen membantu masyarakat, terutama dunia pendidikan. Sebelumnya kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan  pembagian buku tulis, operasi pasar minyak goreng, pengobatan gratis dilingkungan sekitar perusahan," kata Dapot SH. Hutabarat.

Ia juga berpesan agar para siswa  semangat belajar dan meraih prestasi gemilang sesuai dengan motto SMK yaitu “SMK Bisa”.

Dikesempatan itu, Ir. Sariful (Humasy PT. PHS) turut memberikan motivasi kepada siswa/i SMK Negeri 1 Barumun.

“Rahasia sukses yaitu mengasah kecerdasan intelektual IQ (Intelegensi Quotient) dengan giat dan tekun belajar, kemudian motivasi diri atau Emotional Quality Management (EQM) dan Adversity Quotient (AQ) kemampuan bertahan dan mengatasi kesulitan serta Spritual Quotient (SQ) kemampuan jiwa yang dimiliki seseorang untuk membangun dirinya secara utuh melalui berbagai kegiatan positif sehingga mampu menyelesaikan berbagai persoalan dengan melihat makna yang terkandung didalamnya, ”ujarnya.

Sementara itu Kepala SMK Negeri 1 Barumun, H. Mukmin Saipul, S.Pd,.M.Si mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan Permata Hijau Group Khususnya PT PHS.

"Alhamdulillah sekolah SMKN 1 Barumun  telah bekerja sama dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran seperti kesempatan Prakerin bagi siswa, kesempatan magang bagi guru, mendatangkan guru tamu dari PT. PHS dan PT. VAL (Permata  Hijau Group) dan pembahasan kurikulum SMK,"imbuhnya.

Dia menambahkan bentuk kerjasama dibidang peningkatan kualitas pembelajaran, pihak Permata Hijau Group  memberikan kesempatan bagi alumni SMK Negeri 1 Barumun untuk bekerja di perusahaannya dengan melakukan kegiatan rekrutmen setiap tahunnya di PT PHS Mananti ,katanya sembari mengingat, lulusan SMK adalah lulusan paling banyak menganggur di Indonesia.

  Sekretaris Komite  SMK Negeri 1 Barumun, Sulaiman alias Raja  berharap apa yang sudah dilakukan Permata Hijau Group dapat berkelanjutan dan kuota bantuan untuk siswa/siswi semakin bertambah serta menjadi contoh bagi perusahaan lainnya yang ada di Kabupaten Palas.

"Kedepan pihak perusahan terus meningkatkan bantuan CSR ,khusus  bagi anak-anak putus sekolah karena terbentur biaya. Sebaliknya diharapkan pihak perusahaan memprioritaskan rekrutmen pekerja dari  tamatan SMK sehingga tidak ada lagi yang menjadi pengangguran," harap Sulaiman.*