MEDAN - Dr Sake Juli Martina, SpFK, Direktur Diklat, Penelitian dan Kerjasama Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU) yang juga sebagai ketua panitia peringatan hari Down Sindrom Sedunia menyatakan, Hari Down Sindrom Sedunia diperingati sebagai bentuk dukungan dan wujud kepedulian bagi penyandang down sindrom untuk dapat menunjukkan kemampuan dan kreatifitas mereka dan mendapatkan tempat yang layak di masyarakat. Khusus untuk peringatan hari Down Sindrom Sedunia tahun 2019 ini, Persatuan Orang Tua Anak Down Sindrom se Indonesia sepakat mengangkat tema “DOWN SINDROM HEBAT", oleh karena itu pada peringatan di Aula RS USU, Sabtu (29/03/2019) digelar berbagai lomba mulai dari Balita Sehat Down Sindrom, Lomba Fashion Show Anak Down Sindrom dengan 3 kategori yaitu kategori usia 3-5 tahun, usia 6-9 tahun dan usia 10 tahun ke atas, serta berbagai pertunjukkan anak Down Sindrom seperti bermain piano, menyanyi, menari dan lain-lain.

Yang menarik pada peringatan tahun ini adalah semua anak pulang membawa piala. Selain itu juga ada Talk Show dari narasumber yang sangat berkompeten yaitu ada dr. Hj. Lili Rohmawati, Sp.A, IBCLC dari RS.USU/FK USU yang akan mengupas tuntas Down Sindrom dari aspek kesehatan serta pak Andreas dari i-homeschoolling yang akan mengupas tentang pendidikan dan menghebatkan anak Down Sindrom.

Di akhir sambutannya dr Sake menyampaikan bahwa hari ini semua anak Down Sindrom harus bahagia, sehingga hari ini semua peserta lomba akan pulang membawa piala. Hari ini semua anak akan menjadi pemenang, minimal pemenang untuk dirinya sendiri karena berhasil melawan rasa takut pada dirinya untuk berani tampil di depan umum.

Dr Sake akhirnya mengajak kepada para stakeholder, para pemangku kebijakan untuk dapat berperan aktif dalam memajukan, memandirikan dan menghebatkan anak Down Sindrom sesuai posisi tempat kerja masing-masing baik bidang pendidikan, kesehatan, seni, olah raga dan lain-lain, karena anak atau orang dengan Down Sindrom memiliki hak untuk menikmati semua hak asasi manusia (HAM) dan kebebasan fundamental secara penuh dan efektif sama seperti anak dan orang normal lainnya.

Pada kesempatan ini Dr. Sake yang juga mewakili Direktur Utama RS.USU Dr.dr.Syah Mirsya Warli, Sp.U(K) dan Ketua Panitia HUT RS USU ke-3 Dr. Achmad Delianur, ST, MT menyerahkan donasi bagi penyandang Down Sindrom melalui Perhimpunan Orang Tua Anak Down Sindrom (POTADS Medan).