PALAS-Musrenbang RKPD Kabupaten Padang Lawas (Palas) menitikberatkan Pembagunan Infrastruktur dan Pembagunan Jalan Kabupaten.

Kegiatan Musrenbang diikuti seluruh pimpinan OPD se Kabupaten Palas, Unsur Fokopimda,Unsur Masyarakat ,Pers,LSM serta kalangan Mahasiswa, Rabu (13/3/2019) di Gedung Asrama Haji Sibuhuan.

Kaban Bappeda Palas Hj Yenny Nurlina Siregar SP mengatakan, pelaksanaan Musrenbang berdasarkan UU No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri No. 86 tahun 2017 tentang tata cara evaluasi Rancangan Peraturan daerah Agar tata kelola pemerintahan menjadi lebih baik dengan mengedepankan unsur transpansi.

Tujuan musrenbag RKPD mewujudkan keterkaitan dan konsisten antara perencanaan dan penganggaran dalam rangka awal RKPD Kabupaten Palas tahun anggran 2020.

Selain itu, penyempurnaan rancangan RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah alokasi anggaran indikatif berdasarkan program dan fungsi SKPD serta usulan kegiatan pendanaannya berasal dari  APBD Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lain.

"Musrenbang juga berfungsi mengefektufkan pemanfaatan potensi sumber daya yang ada dalam pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan," terang Yenny.

Kata Yenni, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)  tahun 2019 memuat langkah langkah untuk mendukung terwujudnya masyarakat Palas yang Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya (Bercahaya) didukung pemerintah yang profesional yang menjadi visi Kabupaten Palas jilid II dalam RPJMD 2019 – 2023.

Dia menambahkan, konsep pembangunan Tahun 2019 nanti menitik beratkan pada sejumlah skala prioritas. Seperti pembangunan Infrastruktur, penanggulangan kemiskinan, penguatan daya saing ekonomi daerah, tata kelola pemerintahan, ketahanan pangan, kualitas hidup dan daya saing SDM, kesenjangan wilayah, pengelolaan sumber daya alam lingkungan hidup dan penanggulangan bencana.

Wakil Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht, MM, MSi sekaligus membuka kegiatan Musrenbang mengatakan, dalam menyusun program pembangunan tidak mudah. Sebab perlu perencanaan matang dan pembahasan bersama dengan melibatkan semua pihak sampai lapisan masyarakat paling bawah.

Pemkab Palas sudah memfasilitasi penyelenggaraan musyawarah mulai dari tingkat desa yakni Musrenbangdes, tingkat kecamatan Musrenbangcam dan tingkat kabupaten Musrenbangkab.

"Disetiap penyelenggaraan petugas melibatkan semua unsur sampai tersusun dalam satu konsep jelas program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang," katanya.

“Semua usulan dari bawah  diperlukan dalam menyusun program perencanaan pembangunan. Maka kegiatan Musrenbang RKPD  melibatkan semua elemen pemangku kepentingan dan masyrakat, ” ujar Wabup.

Sebelumnya sambutan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dibacakan  Kabid Prekonomian  Bappeda Provinsi Sumut,Ir Hasmi Rizal Lubis berpesan, penyusunan RKP tahun 2020 dilakukan dengan perkuatan pelaksanaan kebijakan Money Follow Program Prority.

Dikatakan, penguatan dimaksud pendekatan tematik, holistik ,integratif dan spasial yang menekankan pada 5 prioritas pembangunan yaitu pembangunan manusia dan pengetasan kemiskinan, konektivitas dan pemerataan, nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja. "Mencakup juga ketahanan pangan, air energi dan lingkungan hidup  serta stabilitas pertahanan dan keamanan," pungkas Hasmi.*