MEDAN - Komisi Yudisial RI memastikan pihaknya akan memantau dan mengawasi secara optimal para hakim yang menangani perkara Pemilu.

Hal itu dikemukakan Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi Komisi Yudisial (KY) RI Dr Farid Wajdi SH MHum dalam pertemuan Sinergitas KY dengan Media Massa dalam Mewujudkan Akuntabilitas Peradilan di Santika Hotel Diandra Medan, Rabu (13/3/2019).

Hadir saat itu Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE dan sejumlah pimpinan Media Massa.

Lebih lanjut dikemukakan Farid Wajdi, selain mengawasi kinerja hakim, KY juga melakukan pemantauan persidangan dan melakukan advokasi hakim terkait perkara Pemilu. Dalam menjalankan perannya, lanjut Farid, KY akan terus mendorong para hakim yang menangani kasus Pemilu menjaga independensi sehingga menghasilkan putusan yang objektif dan akuntabel.

Lebih dari itu, kata Farid, KY menekankan agar para hakim yang menangani sengketa Pemilu dapat menguasai konsepsi Pemilu dan keadilan Pemilu secara optimal. "Hakim diminta senantiasa menjaga integritas dalam penanganan perkara Pemilu sehingga terwujud Pemilu yang jujur, adil dan demokratis," kata Farid seraya menjelaskan hakim yang menangani perkara Pemilu harus bersertifikat terkait Pemilu.***