PALAS-PT Sumatera Riang Lestari (SRL) perusahaan yang bergerak  HTI  beroperasi di Kabupaten Padang Lawas (Palas) menyalurkan bantuan CSR melalui program pemberdayaan kepada masyarakat di sekitar konsesi perusahaan.

Bantuan CSR tersebut dialokasikan di Desa Ujung Batu IV, Kecamatan Hutaraja Tinggi, berupa material bahan bangunan dalam bentuk  semen dan keramik. Selain material, perusahaan juga membantu perbaikan jalan desa sepanjang 6 Km.

Badan Kesejahteraan Masjid (BKM), Masjid Jami Al Hidayah, Masaluddin menyebutkan bantuan material berupa bahan bangunan sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan ibadah masyarakat di desanya.

"Masjid kami saat ini sangat membutuhkan pembangunan fasilitas mck dan tempat wudhu untuk jamaah masjid kami,"kata  Masaluddin.

Common Servis PT SRL Badiaman Sitanggang mengatakan, bantuan yang diberikan perusahaan berupa material untuk pembangunan mck dan tempat wudhu Masjid Jami Al Hidayah sebanyak 150 sak semen dan keramik sebanyak 160an kardus berbagai ukuran.

Selain bantuan sosial  kerumah Ibadah, Pihak Perudahaan  juga melakukan perbaikan jalan desa  juga diberikan perusahaan di desa sepanjang 6 km.

Kades Ujung Batu IV, Idham Khalik mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan PT SRL karena  jalan tersebut merupakan akses masyarakat desa untuk mengangkut komoditas pertanian dan perkebunan masyarakat desa.

"Setiap tahun setidaknya desa kami mengalokasikan paling tidak 15 juta untuk perawatan jalan itu yang setiap tahun pasti hancur karena hujan, "sebut Badiaman Sitanggang, Jumat (8/3/2019).

Idham mengeluhkan akibat  jalan yang rusak, komoditas pertanian dan perkebunan seperti karet dan kelapa sawit tidak bisa dilansir keluar dari desa sehingga berdampak pada ekonomi warga kecil.

"Untuk hasil perkebunan seperti tandan buah sawit sebagian ada yang busuk karena tidak bisa kami antar sampai pabrik," ungkap Kades.

Manajer Lapangan, PT SRL, Sujoko mengatakan untuk memperbaiki jalan yang menjadi salah satu akses masyarakat, perusahaan mengerahkan alat berat berupa backhoe loader, motor grader untuk memperbaiki jalan.

"Sudah dua  bulan terakhir ini alat berat milik perusahaan dikerahkan untuk perbaikan jalan desa sebagai bentuk kepedulian perusahaan  terhadap masyarakat," katanya.

Selain bantuan CSR ,  beberapa program bantuan berupa pemberdayaan masyarakat juga telah disalurkan seperti pembangunan TK dan juga bangunan MDA untuk anak sekolah di Desa Ujung Batu IV, Kecamatan Hutaraja Tinggi.

Lanjut Sujoko, perusahaan  mengharapkan penyaluran program pemberdayaan masyarakat tidak lagi dalam bentuk pembagunan infrastruktur namun pada peningkatan perekonomian masyarakat sehingga memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat.*