LABUHANBATU - Plt. Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT beserta delapan Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kecamatan Panai Hilir pada Senin (4/3/2019) di Kantor Camat Panai Hilir Sei Berombang Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara. Dalam Kunkernya Plt. Bupati Labuhanbatu melakukan dialog langsung dengan Kepala Desa/Lurah, Sekretaris Desa/Sekretaris Lurah, Kepala Unit Pelayanan Teknis UPT Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah SD,SMP, Guru Honorer, UPT Puskesmas, Pustu, Poskesdes, UPT P2KB, Badan Pertimbangan Desa (BPD) Se-Panai Hilir dan Perangkat Kecamatan Panai Hilir serta Tokoh Masyarakat.

Dialog langsung yang dilakukan Plt. Bupati Labuhanbatu meliputi keadaan sebenarnya terkait pembangunan di bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang sarana dan prasarana seperti jalan, perumahan, listrik, dan  bidang lingkungan hidup, bidang pertanian, bidang perternakan, bidang perikanan dan kelautan, bidang pemerintahan desa dan kelurahan, yang sedang terlaksana di Kecamatan Panai Hilir.

Tanya Jawab dalam dialog tersebut berlangsung secara terbuka, dilihat dan didengar secara langsung oleh masyarakat dan menggunakan alat pengeras suara yang cukup kuat dan setiap pertanyaan secara garis besar dijawab langsung Plt. Bupati Labuhanbatu dan secara teknis diserahkan kepada masing-masing Kepala Organisasi Peranglat Daerah (OPD) yang mendampingi di lapangan dan dirangkum Asisten Pemerintahan dan Sosial Setdakab Labuhanbatu.

Pada pelaksanaan dialog Plt. Bupati Labuhanbatu didampingi oleh Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis PMD, Kadis Perumahan dan Permukiman, Kadis Peternakan, Kadis Perikanan dan Kelautan, Kadis Pertanian.

Sekretaris Desa Sei Baru Kecamatan Panai Hilir menyampaikan bahwa sudah pernah menghibahkan tanah desa seluas 4 Ha kepada Pemkab Labuhanbatu untuk dijadikan permukiman nelayan yang layak huni, namun sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya.

Menyikapi hal tersebut H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT dengan spontan menjawab mana surat hibah itu dan dirinya meminta untuk menyerahkan suratnya sekarang juga.

"Fotokopinya juga bisa, karena hibah tanah desa itulah yang kita harapkan agar Pemkab Labuhanbatu dapat segera mengambil keputusan dan menerobos ke pemerintah pusat untuk melaksanakan Pembangunan Permukiman Layak Huni bagi Nelayan di daerah ini," jelasnya.

Plt. Bupati Labuhanbatu juga mengaku kalau dirinya sudah lama memperhatikan keadaan permukiman nelayan di Kecamatan Panai Hilir, karena belum layak huni dan hari ini cita-cita itu akan segera diperjuangkan karena salah satu syarat utamanya adalah adanya lahan yang tersedia dan ternyata di desa Sei Baru sebelumnya sudah mengusulkan hal itu dan bersedia menghibahkan tanah seluas 4 Ha.

"Hal ini akan segera kita tindaklanjuti dengan penuh semangat," tegas H. Andi Suhaimi Dalimunthe.

Masyarakat Kecamatan Panai Hilir juga berharap agar pemerintahan kabupaten dapat memperhatikan pembangunan Kelistrikan, Pelayanan Kesehatan dan Pembangunan Pagar Sekolah SD dan SMP yang ada di Kecamatan Panai Hilir.

Camat Panai Hilir Marasaman Harahap mengucapkan terimakasih atas kehadiran Plt. Bupati Labuhanbatu, Kepala OPD dan rombongan yang telah hadir di Kecamatan Panai Hilir yang telah memberikan motivasi dan segala masukan untuk kemajuan pembangunan di Kecamatan Panai Hilir yang kita cintai ini.

Kunker ini adalah sebuah catatan sejarah bagi Pemerintahan Kecamatan Panai Hilir dan juga bagi masyarakat, karena baru kali ini Pimpinan Daerah Labuhanbatu melakukan Kunjungan Kerja Ke Kecamatan dan didampingi para Kepala OPD terkait dan melakukan dialog secara terbuka, hal ini menambah semangat dan memicu kami untuk lebih giat lagi membangun Kecamatan Panai Hilir  yang merupakan Kecamatan terjauh dari Ibu Kota Kabupaten Labuhanbatu, jelas Marasaman Harahap.*