PALAS-Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) H Ali Sutan Harahap (TSO) bersama Wakil Bupati drg.J. Ahmad Zarnawi Pasaribu akan mengunjungi  seluruh kecamatan.

Kunjungan kerja diawali dari Kecamatan (Barumun dan Barumun Selatan) Minggu (3/3/2019) dipusatkan di aula kantor KecamatanBarumun Selatan.

Kegiatan kunjungan kerja Bupati bertujuan memberikan pembinaan dan pendampingan serta dorongan kepada pemerintah desa  agar lebih baik dalam melaksanakan pelayanan  pemerintahan didesa kepada warga.

Camat Barumun Selatan Abdul Rifai Pane SH dan Camat Barumun As’ad Tufeil Nasution memaparkan letak geografis serta potensi  wilayah kecamatan yang sebagian besar masyarakatnya petani dan pekebun. Dilanjutkan penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan- Perdesaan dan Perkotaan (SPPT PBB-P2) sekaligus penyerahan lembar konfirmasi Piutang PBB-P2 secara simbolis oleh  Bupati TSO kepada Kepala Desa Hasahatan Jae Abner Hasibuan.

Dilanjutkan kepada Kepala Desa Bangun Raya Irham Hasibuan dari Kecamatan Barumun dan Kepala Desa Panarian Ali Akbar Nasution, Kepala desa Sidomulio Pungut dari Kecamatan Barumun Selatan.

"Kunjungan ini adalah untuk memberi dorongan motivasi  kepada pemerintah desa, dalam menjalankan pemerintahan dengan baik,"kata Bupati.

"Saya menekankan para kepala desa agar  mampu menjabarkan dan berinovasi sesuai visi misi Palas Bercahaya,” kata TSO  dihadapan pemerintah desa dan masyarakat di wilayah Kecamatan Barumun Selatan dan Barumun.

Menurut Bupati , kegiatan kunjungan ini  tindak lanjut dari instruksi Presiden, yang termuat pada Nawacita, dalam rangka mensejahterakan masyarakat dari desa.

“Menindak lanjuti instruksi Presiden, untuk mengawal dan mengawasi pembangunan di tingkat desa menitik beratkan pembangunan perkotaan dan pengembangan perekonomian di tingkat desa," sebutnya.

  TSO menambahkan, rakyat di desa sejahtera, maka Indonesia akan sejahtera, karena desa adalah ujung tombak dari pembangunan.

  Bupati mengingatkan kunjungan ini bukan kepentingan politik, tapi lebih kepada pemenuhan janji politik, sehingga dirinya turun langsung ke tengah masyarakat.

  Bupati dua  periode ini mengingatkan,  soal pengelolaan keuangan di desa agar berhati-hati dalam menggunakan anggaran di desa.

“Harus hati-hati dalam menggunakan anggaran. Terlebih soal penggunaan keuangan desa pada pekerjaan fisik dan penyediaan barang. Karena pemerintah desa diawasi juga oleh tim siber pungli, yang terdiri dari pemerintah daerah bersama unsur TNI dan Polri, serta Kejaksaan,” tegasnya.

Turut mendampingi kunjungan kerja tersebut Sekda Arpan Nasution,Kadis Dukcapil Drs.Bermawi Lubis, Kepala BPKAD Harjusli Fahri Siregar dan Kabag Hukum Agus Saleh Daulay SH.*