BELAWAN-Kapolres Belawan, AKBP Ikhwan Lubis meninjau langsung penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar kepada nelayan tradisional.

Hal itu dilakukan orang nomor satu di Mapolres Pelabuhan Belawan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi nelayan tradisional saat penyaluran BMM jenis Solar di SPBU Nomor 14. 204. 117 Jalan Kolonel Yos Sudarso KM 18,5 Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan.

“Saya sengaja turun ke jalan untuk melihat secara langsung penyaluran BBM jenis Solar kepada Nelayan tradisional,” ujar AKBP Ikhwan Lubis SH MH dalam keterangan tertulisnya yang diterima GoSumut, Senin (25/2/2019).

Dijelaskannya, pendistribusian ini merupakan tindak lanjut atas keluhan para nelayan yang sulit mendapatkan bahan bakar minyak untuk melaut.

“Menindaklanjuti keluhan tersebut, saya selaku Kapolres Belawan langsung membicarakan perihal ini dengan Kapolsek Medan Labuhan dan diteruskan kepada Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH,” jelas mantan Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Sumut ini.

Selajutnya, lanjut diterangkan Ikhwan, pihaknya berkordinasi dengan Pertamina dan akhirnya para nelayan diperbolehkan membeli BBM.

“Nah, setelah difasilitasi Kapolda Sumut akhirnya para nelayan tradisional mendapat pasokan bahan bakar minyak Solar sebanyak 35 Liter setiap sampan untuk sekali melaut dalam kurun waktu 2 sampai 3 hari dengan catatan memperlihatkan surat rekomendasi dari Dinas kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Medan,” terang mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan ini seraya menambahkan pihaknya akan tetap melakukan pengamanan terbuka di lokasi SPBU tersebut untuk menghindari terjadinya penyimpangan dalam penyaluran BBM kepada kelompok lainnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Nelayan Tradisional, Andika mengaku sangat berterimakasih dan mengapresiasi Polda Sumatera dan Polres Pelabuhan Belawan.

“Terimakasih kami ucapkan kepada bapak Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH dan Kapolres Belawan, AKBP Ikhwan Lubis yang telah menjembatani sehingga ia dan para nelayan lainnya mendapat pasokan BBM,” ujar Andika.

Oleh karena itu, pihaknya siap mendukung dan menjaga sitausi kamtibmas. Terlebih lagi, menghadapi Pilpres dan Pileg pada 17 April 2019.

“Dalam hal ini, tentunya kita siap mendukung pihak kepolisian khusunya Polres Pelabuhan Belawan dalam menyusekseskan pesta demokrasi yang aman dan damai,” tandasnya.*