ASAHAN-Kondisi jalan di Desa Tomuan Holbung, kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan Sumut sangat memprihatinkan nyaris tidak bisa dilintasi kendaraan apalagi disaat musim hujan.

Pantauan gosumut, kondisi jalan terparah ada sepanjang 8 Km dari dusun II menuju dusun IX desa Tomuan holbung Kecamatan Bandar Pasir Mandoge.

Jalan Kabupaten yang berlubang dan berlumpur sudah cukap lama dikeluhkan oleh warga di dua Desa tersebut. Menurut pengakuan Pajar Lawo warga setempat, bahwa mereka harus memutar 4 kali lipat lebih jauh karena jalanyang seharusnya mereka lintasi tidak bisa dilalui dengan kendaraan roda dua.

"Karena jalan kami ini tak bisa kami lintasi menggunakan sepeda motor, kami harus memutar dari perkebunan SPR bang, kalau diukur jauh kami memutar mungkin sekitar 4 kali lipat jauhnya dari jalan yang seharusnya kami lintasi ini," beber Pajar.

Selain itu kata Pajar, "kami saat ini kesulitan masalah mengantar anak sekolah, guru-guru yang mau mengajar, ditambahkan lagi hasil jual beli pertanian warga disini anjlok dikarenakan jalan kami tak layak untuk dilintasi," jelas Pajar.

Kapolsek Bandar Pasir Mandoge AKP Azarruddin menjelaskan ke awak media bahwa masalah itu sudah diusulkan dalam Musrembang (Musyawarah Rencana Pembangunan) dan sudah ada penetapan anggaran untuk pengerasan dan Hotmix yang seharusnya sudah terealisasi ditahun 2019 ini.

“Dari hasil musrenbang kecamatan kemarin seharusnya sudah teralisasi ditahun ini bang, tapi mungkin tinggal menunggu waktu saja. Kami seluruh unsur muspika Bandar Pasir Mandoge bergandengan tangan untuk memperjuangkan ini baik itu melalui CSR PT. SPR maupun PT BSP," cetus Kapolsek kepada gosumut.

Ditempat lain Camat Bandar Pasir Mandoge Drs.Poniman MAP saat dikonfirmasi oleh gosumut mengatakan bahwa dana APBD anggaran 2019 untuk realisasi hasil musrenbang 2018 dipotong sehingga dana yang ada tidak lagi cukup untuk pembangunan jalan seperti pengerasan dan hotmix di Tomuan Holbung.

“Dana APBDnya kan banyak yang dipotong bang, bukan hanya Desa Tomuan Holbung, Desa Huta Bagasan juga tidak terealisasi karena dananya dipangkas bukan dari sini aja tapi dari pusat sanapun dipangkas.” Ucap camat BP Mandoge saat dikonfirmasi via seluler, Sabtu (23/2/2019).

Ditempat terpisah juga Kadiskominfo Kabupaten Asahan Drs Rahmad Hidayat Siregar, MAP, ketika di konfirmasi gosumut mengatakan bahwa untuk tahun ini Bandar Pasir Mandoge akan diupayakan akses infrastruktur jalan, namun secara bertahap.

"Untuk tahun ini pembangunan infrastruktur di Bandar Pasir Mandoge akan kita upayakan agar segera terealisasi, namun pembangunan itu secara bertahap, kamipun kemarin sudah turun kesana. Cetusnya.*