SERGAI-Kunjungan Kapolda Sumatera Irjen Pol Agus Andrianto. SH. MH didampingi Bupati Sergai,Ir. H. Soekirman, Wabub Sergai, H. Darma Wijaya dan Kapolres Sergai, AKBP. H.Juliarman Eka Putra Pasaribu tiba dilokasi acara Silaturahmi Akbar Warga Melayu.

Kedatangan Kapolda Sumut usai melaksanakan sholat Jumat berjamaah Bertempat di Mesjid Raya Sulaimaniah Perbaungan, Jl. Serdang, Kota Galuh, Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai.

Secara langsung disambut Ketua Umum PB. MABMI Sumut : Datuk Sri Samsul Arifin SE., PB. MABMI Kab Sergai : H. OK. David Purba, Sultan Serdang : Tengku Ahmad Tala'ah, Pangeran Bedagai: Tengku Ahmad Safi'i gelar Pangeran Nara Kelana, Presiden Puja Kesuma : Suratman dan turut hadir Para SKPD Kab Sergai, Asisten, Staf Ahli, para etnis serta seribuan masyarakat Melayu Sergai.

Berlokasi di Istana Reflika Sultan Serdang, Kelurahan Metali Kebun, Kecamatan Pegajahan, Serdang Bedagai. Dirangkai Tepung Tawar Caleg warga Melayu Sergai, serta Sunatan Masal. Jumat (22/2/2019) sekitar pukul 14:30 WIB.

Ketua PD MABMI Sergai H. OK. David Purba didampingi Ketua Umum PB. MABMI Sumut, Datuk Sri Samsul Arifin SE Mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto. SH. MH bersama rombongan yang telah hadir. Dalam kesempatan itu, OK. David Purba mengajak masyarakat Melayu mendukung Kapolda Sumut dalam rangka memberantas hoax untuk mensukseskan Pileg dan Pilpres.

Untuk itu, Dirinya Menghimbau masyarakat melayu untuk menegakkan kebenaran warga Melayu kuat dengan agama dan adat. Dalam kesempatan itu David purba mengatakan hoax sangat menbahayakan. Jangan munculkan kesenjangan sosial serta permusuhan karena itu penghianatan.

Hal serupa dikatakan Sultan Serdang Tengku Ahmad Tala'ah bersamaan Pangeran Bedagai Tengku Ahmad Safi'i. "Merasa berbahagia pada hari ini bisa bertatap muka dengan keluarga di Sergai, rasa bangga kepada PD.MABMI yang telah melaksanakan kegiatan silaturahmi akbar ini menjadi momen penting bagi MABMI Sergai dan masyarakat Melayu Sergai yang secara langsung di hadiri Kapolda Sumut. Ini membuktikan bahwa kehadiran Kapolda bukti mendukung kelestarian kebudayaan Melayu di Sergai dan Silaturahmi ini sangat strategis Karena berdekatan Pileg dan kesempatan ini kita membantu tugas kapolda agar kiranya pemilu yg akan datang agar aman sesuai keinginan kita bersama. Harapan kami makna terkandung silaturahmi yaitu rasa kasih dan sayang," ucapnya.

Sementara Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan sejak tahun 2018 sebagai sarana budaya Melayu maka diwajibkan memakai busana Melayu pada hari Jumat. Ternyata antusiame masyarakat sangat besar di tangan 2019 ini sudah dua kali dilakukan setiap bulan,"imbuhnya.

Selamat atas terselaksanakan perkumpulan dari PB.MABMI, bersama kita mendukung langkah Kapolda kita. Jadi lah pemersatu buka pemecah belah apalagi berita hoax. Karena sudah banyak tertipu. Untuk tidak percaya berita hoax karena sudah banyak korban masyarakat yang sudah kenak hoax, "pungkas Bupati Soekirman.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto. SH. MH dalam sambutan Mengucapkan terimakasih setinggi- tingginya yang sudah menerima pihak nya sebagai bagian dari pada keluarga besar keluarga Melayu khususnya kesultanan Sergai.

"Mudah- mudahan apa yang sudah disampaikan kepada kami bahwa Polri adalah milik semua warga, milik semua suku," ucap Kapolda Sumut Agus Andrianto. SH. MH.

Ia menjelaskan sudah 13 tahun bertugas di Sumatera Utara merupakan jabatan terakhir di Polda Sumut ia berharap bisa meninggalkan hal yang baik untuk Sumatra Utara.

Dalam pelaksanaan pileg maupun pilpres agar masyarakat menggunakan suaranya karena suara rakyat adalah suara Tuhan.

"Saat ini sedang gonjang ganjing politik yang melibatkan agama karena agama sangat instrumen dimainkan di isu politik," pungkas Kapolda Sumut.

Usai memberikan sambutan Kapolda memberikan simbolis bantuan sembako dan santunan kepada peserta sunatan masal. Serta menyaksikan sunatan masal yang di gelar PB.MABMI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sergai.*