SERGAI- Bahwa penyuluh adalah penunjang utama dalam pencapaian keberhasilan Pemerintah dalam pangan, peternakan, perkebunan. Sehingga sudah layaklah penyuluh yang sudah mengabdi kepada pemerintah untuk diangkat dan diluluskan semua.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Radianto Panjis saat melaksanakan Pendaftaran bagi Penyuluh Pertanian Lapangan Tenaga Harian Lepas (THL TBPP) berusia 35 - 57 Tahun menjadi Aparatur Sipil Negara dengan bentuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK), bertempat di Aula Kantor Dinas Pertanian di Seirampah, Kamis (14/2/2019).

Menurutnya, mereka sudah mengabdi selama sembilan sampai belasan tahun. "Bukan itu saja penyuluh adalah sebagai ujung tombak penyerapan teknologi pertanian yang akan memberikan ilmu kepada petani sehingga petani di Serdang Bedagai ini bisa melaksanakan penanaman padi Organik,"ujarnya.

"Ada puluhan hektar di 13 Kelompok Tani dan telah melakukan sistem pengemukan sapi sampai 1 ton lebih," ucap Radianto.

"Hal itulah yang membuat saya merasa sedih, dimana saya adalah mantan penyuluh, saya tau penyuluh itu bagaimana di lapangan yang bisa jadi bekerja 24 jam walau dengan gaji yang tidak mencukupi, cukup berbeda dengan orang yang bekerja dikantor," ungkapnya.

Sementara itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Serdang Bedagai Sutarman menyampaikan agar dalam pendaftaran jangan sampai ada kesalahan sedikitpun.

Karena bila salah kami pihak BKD tidak dapat meralatnya. "Karena ini langsung pendaftaran secara online ke pusat. Untuk itu harus teliti ulang pengisian semuanya sebelum mengirim berkas setelah semua benar, baru kita kirimkan," ucap Sutarman.

Kasubid Sarana prasarana Dinas pertanian Sergai, Edwin Tarigan menyampaikan bahwa jangan sampai ada kesalahan yang akan mengakibatkan penyuluh tidak masuk sebagai peserta penerimaan P3K Tahun 2019 ini.

"Bagi yang kemarin telah mendaftar, mohon dicek ulang dan mendaftarkan kembali, karena baru Tanggal 13 Februari 2019. Kata Edwin Tarigan, semalam Kementerian Pertanian RI membuka pendaftaran tersebut melalui online dan dalam urusan itu pula kami baru kembali dari Jakarta untuk menyampaikan informasi ini kepada penyuluh'" Pungkasnya.

Turut hadir perwakilan dari Badan Kepegawaian Daerah ( BKD ) Serdang Bedagai Sutarman, Kabid Penyuluhan Sergai Effendi Gultom dan jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai Parlindungan Nasution dan Edwin Tarigan.*