LABUHANBATU - Sebanyak 42 pecatur ambil bagian dalam memeriahkan Turnamen Catur Gembira Piala Kapolsek Bilah Hilir, Senin (4/2/2019) malam sekira pukul 20.40 di King Coffe Jalan Besar Negeri Lama, Kelurahan Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu.

Turnamen ini dibagi dalam 4 grup dengan sistem gugur dan diperkirakan akan memakan waktu selama 10 hari ke depan.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang melalui Kapolsek Bilah Hilir, AKP Herry Prasetyo menjelaskan, selain untuk menyalurkan hobi dan kegembiraan, turnamen ini juga menjadi ajang mencari bibit pecatur andal.

"Terciptanya turnamen catur gembira ini dibuat secara dadakan atas saran dan masukan dari masyarakat sekitar kecamatan. Turnamen catur ini juga dibuat untuk menjalin silaturahmi dan bersama-sama kita ciptakan situasi kamtibmas yang aman dan nyaman," pinta Kapolsek.

Kapolsek juga menerangkan, pihaknya juga akan merencanakan digelarnya kegiatan yang sama yakni Muspika Cup saat menjelang HUT RI nantinya.

"Diharapkan munculnya juara-juara baru dari kegiatan turnamen ini dan kita harapkan turnamen ini dapat berjalan lancar sesuai dengan doa dari Ustad Karyadi yang memimpin doa saat pembukaan tadi," harapnya.

Melalui perlombaan catur ini, imbuh Kapolsek, pihaknya ingin menyampaikan pesan Kamtibmas terkait memasuki tahun politik pemilu Pilpres dan Pileg tahun 2019.


"
Permainan catur juga mencerminkan sebuah pilihan, walaupun berbeda cara dan warna hitam dan putih, tetapi tetap menjaga sportifitas.

Dengan perbedaan ini, mari kita sebagai warga Kecamatan Bilah Hilir untuk menggunakan hak suara dengan aman dan sejuk dan jangan sampai golput," tutupnya.

Di tempat yang sama, Danramil 09 Bilah Hilir, Kapt. Inf. Sofyan Sukri Nasution mengucapkan terimakasih atas undangan ini dan berharap peserta turnamen dapat menjunjung tinggi sportivitas.

"Kegiatan ini diharapkan sebagai sarana untuk menjalin tali silaturahmi," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Danramil juga mengharapkan agar peserta menjadi perpanjangan tangan untuk turut serta mensukseskan Pemilu 2019.

"Dalam waktu dekat ini akan ada program dari pimpinan bahwa akan ada Program Bersinar (Bersih dari Narkoba). Di mana 1 kecamatan akan dicari 1 desa untuk dijadikan contoh. Program ini ditujukan kepada masyarakat yang diduga banyak terlibat narkoba di desa tersebut, dan diharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat setelah melakukan koordinasi dengan Muspika," bilangnya.

Sementara itu, Camat Bilah Hilir, Bangun Siregar mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek yang sudah membuat Turnamen Catur Gembira.

"Kapolsek sudah membuat suatu wadah dengan mengumpulkan atlet catur dalam suatu turnamen, sehingga dapat terjalinnya tali silaturahmi di antara kita," ucapnya.

Seluruh atlet, timpalnya, diharapkan dapat menjunjung sportivitas dan diharapkan atlet-atlet yang sudah bertanding saat ini, tidak menutup kemungkinan akan diturunkan saat pertandingan di tingkat lebih tinggi lagi.

"Kegiatan ini menjadi ajang cari bakat dan peserta yang memenangkan pertandingan akan dicatat sebagai atlet catur Kecamatan Bilah Hilir," tukasnya.

Selanjutnya Kapolsek membuka Turnamen Catur Gembira Piala Kapolsek Bilah Hilir dan dilanjutkan dengan pencabutan nomor untuk pertandingan pertama malam hari ini. Adapun hasil pencabutan nomor, pertandingan dimulai dari Grup A yakni Meja 1 antara Ucok Perp VS Irhamsyah Harahap, Meja 2 antara Zainal VS Diding, Meja 3 antara Amir VS Pahmi, Meja 4 antara Dedi VS Hulwi, Meja 5 antara Usaini Azit VS Nazaruddin Adnan.

Pada pertandingan tersebut, Meja 4 diperoleh pemenang Hulwi dengan WO, dikarenakan lawannya tidak hadir.

Pembukaan turnamen ini dihadiri Kanit Intelkam, Ipda Rijaldi, Kanit Reskrim, Ipda S. M. L. Gaol, Sekcam, Hulwy Nasution, Kagatur Lantas, Aiptu Nazaruddin, personel Polsek Bilah Hilir, tokoh masyarakat sekitar Kelurahan Negeri Lama, Tokoh Agama Kecamatan Bilah Hilir, dan seluruh pecatur gembira berasal Kecamatan Bilah Hilir.