SERGAI-Sesuai tema " Doa, Motivasi dan Pemimpin" saya menyampaikan Apresiasi atas penyambutan dari pemerintah Kabupaten Sergai beserta masyarakat termasuk yang utama" Saya ingin Bertatap muka dengan para Kepala Desa agar dapat membantu program "Membantu Desa Menata Kota".

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Letjend (purn) H.Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Provsu Hj Nawal Edy Rahmayadi, saat memberikan kata sambutan Kunjungan Kerja (Kunker)dan sekaligus bertatap muka dengan Bupati ,OPD, Camat, Kepala Desa, Lurah dan Kepala Sekolah se-Kabupaten Serdangbedagai. Bertempat Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Seirampah Rabu (30/1/2019).

Dalam kunjungan Kerja, Gubernur Sumatera (Gubsu) di Serdangbedagai langsung ditemani Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wabub H. Darma Wijaya, Sekdakab Drs Hadi Winarno MM.

"Kita harus menjadi orang yang berguna, sebab kita diciptakan oleh Allah SWT agar dapat menolong orang lain. Jika kita tidak dapat melakukannya, artinya bahwa kita tidak berguna. Pemimpin, Ulama, Orang Kaya dan Orang Miskin harus saling membantu dan menyayangi sehingga jika hal tersebut terjalin, maka daerah tersebut akan adil, makmur dan sejahtera," tegas Edy Rahmayadi.

"Pada poin" Doa" adalah hal yang sangat penting. Dengan doa akan memunculkan energi positif. Hal yang telah dibuktikan secara logis manusia berdasarkan penelitian Prof Masaru Emoto dari Jepang, bahwa fikiran, ucapan dan doa sangat penting bahwa doa dapat digunakan disaat kita senang, susah, sedih dan bagaimanapun keadaan kita," ujarnya.

"Pada poin “motivasi”, setelah berdoa, kita harus mempunyai mimpi dan cita-cita yang besar yang menjadi motivasi. Hal ini ibarat Kepala Desa yang akan menjadikan desanya baik atau buruk, semua bergantung kepada motivasi diri kita sendiri," tambahnya.

Pada Poin “Pemimpin”, bahwa untuk menjadi pemimpin yang baik, kriteria yang harus dipenuhi yaitu selalu berdoa, memiliki mimpi hebat, kasih sayang pada sesama terutama kaum dhuafa, menjadi contoh tauladan, tidak kenal kata menyerah, serta rela berkorban.

Untuk itu, Gubsu Edy Ramahyadi berharap agar pertemuan ini bermanfaat bagi semua. "Sebab sepintar dan sehebat apapun Gubernur atau Bupati, kalau Kepala Desa, Lurah dan perangkat pendukung lainnya tidak pintar, kasih sayang, pantang menyerah dan rela berkorban, maka kita tidak akan maju. Karena kemajuan bangsa di masa depan ditentukan oleh kualitas SDM dan bukan oleh melimpahnya SDA. Kita harus bisa merubah yang tidak baik menjadi lebih baik, untuk itu mari kita Bermimpi, Percaya dan wujudkan semua itu dengan tekad dan semangat bersama membangun mulai dari diri kita sendiri," ucapnya.

Gubsu menghimbau kepada seluruh masyarakat Sumut agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan, serta mengasah kepekaan akan kepedulian pada sesama, agar yang mampu membantu yang kurang mampu, yang kurang mampu membantu yang tidak mampu, sehingga nantinya keterikatan batin kita semakin kuat dalam menciptakan Sumut Bermartabat.

Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan Rasa kesyukuran dan ucapan selamat datang dan kehormatan atas kehadiran Gubsu beserta rombongan dalam rangka tatap muka dengan kami masyarakat Sergai.

Sampai hari ini Gubsu telah ketiga kali mengunjungi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini. "Begitu juga saya dan Wabup telah tiga kali juga menghadiri undangan dari Gubsu yang diadakan di Kantor Gubernur," ucapnya Soekirman.

"Terimakasih atas nasehat dan masukan dari Gubsu sehingga kerjasama antar OPD dapat semakin baik dilaksanakan. Hal tersebut kami buktikan dengan RPJMD Sergai yang telah disinkronkan dengan RPJMD Provinsi Sumatera Utara sesuai dengan tema HUT Sergai ke-15 Tahun 2019 yaitu Membangun Perekonomian Desa yang berdaya saing untuk mewujudkan Serdang Bedagai Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan Menuju Sumut Bermartabat."

Menurutnya sekilas tentang luas wilayah, potensi dan SDM di Kabupaten Sergai antara lain potensi wisata dan infrastruktur serta multikultural agama dan suku namun tetap saling menghormati sebagai bentuk toleransi antar umat beragama.*