MEDAN-Besok tanggal 1 Januari 2019 pelayanan poliklinik rawat jalan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik libur. Selama poliklinik libur, rumah sakit memberikan pelayanan melalui IGD.

Hal ini dikatakan Kasubag RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak bahwa poliklinik rawat jalan dan poliklinik eksekutif libur pada 1 Januari 2019. Pelayanan rawat jalan dibuka kembali seperti biasa pada 2 Januari 2019. Dan selama libur, dokter tetap visit kepada pasien rawat inap.

"Untuk layanan cuci darah tetap dibuka pada 1 Januari. Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan gawat darurat pada hari libur nasional, silahkan datang ke IGD yang buka 24 jam setiap harinya dengan lima dokter spesialis yang selalu stand by," kata Rosa nama panggilan Rosario, Senin (31/12/2018).

Hal senada dikatakan Kasubag Humas & Hukum RSUD Dr Pirngadi Medan Edison Perangin-angin. Poliklinik di rumah sakit tersebut tutup pada 1 Januari 2019 dan dibuka kembali pada 2 Januari 2019. Untuk layanan cuci darah tetap dibuka pada 1 Januari.

"Satu hari poliklinik tutup, masyarakat dapat berobat via IGD dan sebanyak lima dokter spesialis yang disiagakan yakni spesialis anak, anestesi, bedah, penyakit dalam, dan obgyn," sebutnya.

Tutupnya poliklinik rawat jalan di rumah sakit swasta berbeda dengan poliklinik rumah sakit pemerintah. Direktur RS Santa Elisabeth Medan dr Maria Christina MARS mengatakan poliklinik tutup dari tanggal 1-2 Januari 2019.

Pelayanan IGD tetap dibuka selama 24 jam dengan disiagakan dua dokter umum secara bergantian. Selama libur, dokter tetap visit kepada pasien yang dirawat inap. "Poliklinik dibuka kembali pada 3 Januari 2019. Selama libur, apabila pasien membutuhkan dokter yang tidak stan by kita melakukan on call," ujarnya.

Terpisah, Direktur RS Vina Estetika Medan dr Vanny Marianta Sembiring MARS mengatakan poliklinik tutup dari tanggal 29 Desember 2018 sampai 2 Januari 2019. "Pada hari libur tersebut, pasien tetap dilayani melalui IGD," sebutnya.*