TOBASA-Perayaan Natal Oikumene Tobasa Holy Chrismas 2018 dirayakan Pemerintah Kab.Toba Samosir bersama dengan Gereja, Masyarakat dan Anak Rantau Kab.Toba Samosir tahun 2018 bertempat di tanah lapang Kecamatan Porsea-Tobasa Jumat, (28/12-2018) sepi.

Perayaan Natal Okumene Tobasa Holy Chrismas 2018 dengaan Thema Yesus Kristus Khidmat bagi Kita (1 Korintus 1 : 30a) berikut sub Thema : Dengan Hikmat Allah mari Kita pelihara dan lestarikan Danau Toba sebagai Destinasi Wisata.

Pada pesta perayaan Natal Oikumene Tobasa Holy Christmas 2018 yang di selenggarakan di tanah lapang Kecamatan Porsea dihadiri beberapa anak rantau dari Kab.Toba Samosir dan sekaligus sebagai Nara Sumber pada acara perayaaan Natal Oikumene.

Para anak rantau putra daerah Kab.Tobasa yang telah sukses di perantuan adalah mulai dari kalangan pengusaha sukses dan dari kalangan pejabat di NKRI  juga sosok Tokoh pejuang perlindungan anak diantaranya yang hadir Aris Merdeka Sirait Ketua Komnas Perlindungan anak RI, Edison Manurung Staf Ahli Anggota DPD RI, Harangan W. Hutahaean Pemilik perusahaan PT.Hutahaean dan PT. LABERSA P.Baru Kepulauan Riau, DR.Arifin Marpaung,Dr.Ir.Serirama Butarbutar, SH,SE.M.Si, Resti Sibarani, Ir.Rajumi Sitompul, MM, M.Hum,Kital Siagian.

Dalam acara perayaan Natal, para Anak Rantau yang hadir ikut serta dalam pembacaan Liturgi selanjutnya pembacaan liturgi oleh Bupati Kab.Tobasa Ir.Darwin Siagian bersama dengan istri dan Wakil Bupati Ir.Hulman Siagian,M.Si bersama Istri dan Unsur USPIDA Kab.Tobasa berikut dengan perwakilan dari para Jajaran Kepala SKPD dan Unsur USPIDA PemKab Tobasa.

Khotbah Natal Oikumene di sampaikan oleh Pdt.Manjalo Hutabarat,S.Th.MM Eporus HKI. Dalam kotbahnya disampaikan, berbahagialah orang yang mendengarkan Firman Tuhan serta melakukannya setiap hari didalam hidupnya. "Makna Natal yang kita rayakan saat ini adalah Hikmat Kristus yang menjadi milik kita dan milik funia.Natal bukan hura hura melainkan Natal itu adalah Berkat bagi Kita semua.dalam perayaaan Natal tidak ada perbedaan Agama, Ras,Suku dan Bahasa semua itu adalah sama dihadapan Tuhan,"ungkapnya.

"Kesempatan jangan jadi hilang karena kesempatan adalah berkat dari Tuhan bagi Kita, dan Hidup adalah milik Tuhan.Karena dengan kelahiran Yesus adalah menjadi sebuah hadiah kejutan perubahan hidup bagi seluruh umat manusia di dunia," imbuhnya.

Bertindak sebagai Ketua Umum Panitia pelaksanaan Natal Oikumene Tobasa Holy Chrismas HOLY 2018 adalah Dr.Ir. Serirama Butarbutar SH.SE.M.Si dan Sekretaris Umum Ir.John Piter Silalahi Ass.2 Pemkab Tobasa.

Kabag Kesos Pemkab Tobasa Tanda Dongoran sebagai ketua Panitia Pelaksana saat dikonfirmasi usai acara menjelaskan, untuk tempat duduk tamu undangan panitia menyediakan tempat 3000 kursi namun setengah dari kursi duduk untuk tamu undangan yang telah disediakan panitia tidak terisi.

Sekaitan dengan anggota dewan DPRD Kab Tobasa yang tidak hadir dijelaskan Anggita DPRD Kab.Tobasa mengakui telah di undang dan undangan telah di sampaikan Panitia Natal Oikumene. Namun kenyataannya mereka tidak hadir dan kita tidak tau apa penyebanya," jelas Tanda Dongoran selaku Ketua Panitia Pelaksana Natal.