SAMARINDA - Laga penentuan akan dijalani oleh PS Tira pada pekan ke-34 LIGA 1 2018. Berlaga di Stadion Segiri, Samarinda,Kalimantan Timur, Minggu, 9 November 2018, PS Tira akan dijamu tuan rumah Borneo FC. Pertandingan ini adalah penentu masa depan The Young Warriors. Tetap bertahan di Liga 1 2019 atau terdepak dan harus berlaga di Liga 2 2019 mendatang.

Sinyal merah terus menyala untuk PS Tira. Ini karena memang Manahati Lestusen dan kawan-kawan masih terjebak di peringkat ke-17 dengan 39 poin. Jurang degradasi sudah sangat dekat dengan tim asuhan Nilmaizar.

Namun semua kemungkinan masih bisa terjadi. Dengan perolehan poin yang sangat ketat di papan bawah, PS Tira masih mungkin lolos dari degradasi.

Selain PS Tira, Mitra Kukar di peringkat ke-14, Perseru Serui di posisi ke-15 dan Sriwijaya FC di peringkat ke-16 juga memiliki poin yang sama yakni 39. 

Jika mampu menang dari Borneo FC, PS Tira masih berharap pesaingnya terpeleset. Karena disaat yang bersamaan Mitra Kukar, Sriwjaya FC, Perseru Serui dan juga PSMS juga berlaga menentukan nasib masing-masing.

“Terpenting adalah kami akan bekerja keras meraih tiga poin. Pemain tentu tahu apa yang bisa membuat tim ini selamat dari degradasi meski juga masih menunggu hasil lainnya,” kata pelatih PS Tira, Nilmaizar.

Di laga nanti, sosok striker Alexandar Rakic tentunya akan menjadi tumpuan. Pada laga sebelumnya, Aleksandar Rakic mampu mencetak hattrick di laga lawan PSMS Medan. PS Tira menang 4-2 di laga tunda itu.

Sedangkan Borneo FC juga ingin mengerek posisi di klasemen akhir. Pesut Etam sangat berambisi mempertahankan posisi lima besar yang kini sudah diduduki. 

“Lawan pasti akan tampil dengan semangat tinggi. Namun kami juga pasti ingin menang dan mengakhir kompetisi dengan hasil bagus,” kata pelatih Borneo FC, Dejan Antonic.

Perkiraan Susunan Pemain
Borneo FC (4-3-3)
M Ridho; 
Diego Michiels, Wildansyah, Renan Alves, Edy Gunawan; 
Sultan Samma, Dirga Lasut, Tijani Belaid;
Titus Bonai, Matias Conti, Lerby Eliandri
Pelatih: Dejan Antonic
Cadangan: Nadeo Argawinata, Leonard Tupamahu, Aulia Hidayat, Hisyam Tolle, Habibi, Ahmad Maulana, Billy Keraf

PS Tira (4-3-3)
Angga Saputro; 
Mahdi Fahri, Manahati Lestusen, Abu Bakr Radanfah, Abduh Lestaluhu; 
Wawan Febriyanto, Jeon Woo, Ryan Wiradinata; 
Ahmad Nufiandani, Alexandar Rakic, Izmi Hatuwe
Pelatih: Nilmaizar
Cadangan: Teguh Amirudin, Kasim Slamat, Herwin Tri, Andi Setyo Nugroho, Firmansyah

Pertemuan Terakhir
20/07/2018 Liga 1 - PS Tira 3-4 Borneo FC
13/08/2017 Liga 1 - Borneo FC 1-0 PS Tira
17/04/2017 Liga 1 - PS Tira 2-2 Borneo FC
05/12/2016 ISC - Borneo FC 6-1 PS Tira. ***