MEDAN – Kegiatan dan kompetisi olahraga memiliki peran besar dalam membangun mental dan karakter positif seseorang. Untuk itu, mengikuti kegiatan olahraga sangat dianjurkan untuk generasi muda Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah saat membuka Kejuaraaan Antar Kelompok Merpati Putih se Sumut, di Aula Bir Ali Asrama Haji Jalan AH Nasution Medan, Jumat (7/12/2018).

 “Apalagi pencak silat, saya yakin yang ikut-ikut di sini pasti miliki mental juara. Bagus itu, anak Sumut harus bermental juara, jangan lemah dan harus memiliki kemampuan untuk melindungi dan mempertahankan diri,” ujar Wagubsu Musa, yang juga akrab disapa dengan Ijeck.

 Ijeck mengapresiasi terlaksananya acara kejuaraan tersebut. Menurutnya, kejuaraan ini merupakan ajang untuk menjadi tolok ukur pembinaan prestasi. Serta, dapat pula dijadikan sebagai ajang mencari bibit-bibit atlet.

 “Selain itu, kejuaraan ini juga salah satu cara kita untuk menjaga aset budaya bangsa. Kita ketahui bersama, pencak silat merupakan salah satu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia,” katanya.

Dengan diadakannya kejuaraan ini, Ijeck berharap dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi yang berbakat untuk menjadi pesilat handal, berprestasi dan professional. Serta siap untuk diterjunkan dalam kejuaraan tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

Kepada peserta, Ijeck mengucapkan selamat bertanding dan memotivasi untuk meraih juara. Dirinya mengingatkan agar peserta menjunjung sportivitas saat bertanding.

“Kalah dan menang bukan lah tujuan utama, tetapi silaturahmi dan rasa persaudaraan selama proses bertanding lah yang diutamakan,” ucap Ijeck.

Ketua Pengda Merpati Sumut Dr Ir H Iwan Lintang MBA menyampaikan bahwa kejuaraan akan berlansung sejak tanggal 7 hingga 9 Desember 2018. “Adapun peserta yang mengikuti kejuaraan berjumlah sekitar 250, berasal dari 10 kabupaten/kota Sumut, dan 29 Kelompok Latihan (Kolat). Pertandingan ini memperebutkan Piala Pelindo,” tuturnya.

 Turut hadir dalam pembukaan kejuaraan itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provsu Baharuddin Siagian, Direktur SDM Pelindo I M Hamied Wijaya, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua Pengda Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumut Hj Dahliana, Pimpinan Cabang Askrindo Sumut Fahrizal.*