MEDAN - LAZNAS IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) Sumatera Utara selalu berusaha memberikan pembinaan dan bimbingan untuk mitra dan mustahik IZI. Melalui program IZI to Success yaitu program pemberdayaan mustahik dalam wirausaha dan kelompok usaha bersama supaya bagaimana lebih mandiri dan berkecukupan.

Seperti yang dikatakan Iqbal, Kepala Kantor IZI Wilayah Sumut bahwa semua orang berhak untuk sukses, berhak untuk bahagia termasuk semua asnaf yang disantuni dan dilatih. Tinggal bagaimana semangat ikhtiar mustahik atau kita semua dalam berusaha dan berdoa kepada Maha Pemberi Rezeki.

“Jadi untuk menopang itu mesti tahu cara sukses dan bahagia, lewat itulah kita fasilitasi mustahik agar ikut pelatihan hard skill maupun soft skill,” katanya dalam workshop nasional Serikat Saudagar Nusantara di Gedung Pancasila LPMP Sumut.

Sementara, Rehan, Bidang Pendayagunaan IZI mengemukakan bahwa program pembinaan di IZI Sumut sangat intens dilakukan. Seperti binaan kaum ibu menjahit, para penerima beasiswa, dan lapak berkah.

“Dimana kelompok menjahit ini sekitaran dua puluh orang dilatih dari nol sampai pandai mandiri menjahit, alhamdulillah diantara mereka sudah ada buka sendiri. Begitu juga lapak berkah (pelaku usaha kecil menengah) selalu kita dampingi dan kasih stimulus motivasi usaha dan spiritual keagamaan. Adapun penerima manfaatnya ada sekitar 20 orang juga,” terangnya.

Lanjutnya, sekitar satu minggu terakhir ini dilakukan pembinaan bagi penerima beasiswa, begitu juga pengiriman peserta 13 orang (yang terdiri dari penerima manfaat lapak berkah dan menjahit).

Dalam workshop ini diisi oleh Motivator & Pelaku Usaha Nasional, Kang Rendy Saputra yakni Owner Inspira Picture sekaligus Ketua Umum SSN. Lalu, ada Nirwana Tawil selaku Owner Aboba Grup. Rendy sendiri menceritakan pengembangan usaha lewat sinergy positif, berjejaring dan saling memberdayakan kepada ratusan peserta yang hadir.***