PALAS-- Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) H Ali Sutan Harahap (TSO) memberikan apresiasi kepada  tim Seni Qasidah/Nasyid asal Palas atas keberhasilan masuk peringkat ke tiga,pada  seleksi Seni Qasidah/Nasyid XVI Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018.

Kegiatan Seleksi Seni Qasidah Nasyid berlangsung selama 5 hari mulai 27-30 November 2018 di Asrama Haji Medan.

Apresiasi itu disampaikan Bupati Palas.H.Ali Sutan Harahap (TSO)  setelah menerima  laporan dari Kepala  Dinas Sosial Kabupaten Palas Bustami Harahap melalui Kabid Pemberdayaan Sosial Ustad  Ahmad Fauzan Nasution.

"Keberhasilan ini sebagai motivasi bagi kafilah untuk terus meningkatkan kualitas qasidah sebagai wujud menjunjung tinggi nilai budaya dan moral serta  akhlak yang baik,"tegas TSO.

Sementara Kabid Pemberdayaan Sosial Ustad Ahmad Fauzan Nasution yang mendampingi Tim Kafilah Nasyid Kabupaten Palas mengatakan, keberhasilan yang diraih kafilah berhasil mengukir prestasi juara 1 Bintang Vokalis Anak Putri dan Juara 2 ,Bintang Vokalis Remaja Putri serta Juara 3 ,Bintang Vokalis Dewasa Putri.

Selain itu ,lanjut Fauzan, meraih prestasi sebagai Juara 1 Grup Remaja Putri dan Group Remaja Putra juga meraih juara 1 ,sehingga Kabupaten Padang Lawas masuk peringkat ketiga perolehan prestasi pada Seleksi Seni Qasidah Nasyid Tingkat Provinsi Sumut.

Ia menambahkan, pembinaan kesenian dan kebudayaan islami sebagai bentuk pembinaan bagi generasi muda bangsa upaya membentengi diri dari pengaruh negatif budaya asing yang tidak sesuai dengan kultur budaya daerah.

  Kata Ahmad Fauzan , keikutsertaan Tim Kafilah Palas bukan semata ingin merebut gelar juara tetapi untuk bersinergi dalam melestarikan budaya bangsa khususnya seni Qasidah Nasyid.

Namun demikian, tambah dia , semangat Kafilah berkompetisi menjadi yang terbaik harus terus dibina sehingga seni qasidah dapat terus eksis sepanjang zaman dan tidak lekang  karena kemajuan zaman.

“Dengan meraih gelar juara bukan tujuan akhir dari even seni Qasidah,tetapi lebih  penting  bagaimana seni qasidah dapat berkembang luas di masyarakat dan menjadi gaya hidup khususnya di kalangan generasi muda Kabupaten Palas sejalan dengan visi misi Bupati -Wakil Bupati Palas sebagai daerah beriman, cerdas,sehat ,sejahtera serta berbudaya(Bercahaya ),"tandasnya.

Peringkat seleksi Qasidah Sumut Tahun 2018 Kabupaten Palas masuk peringkat 3 dengan nilai 39 setelah Kabupaten Deli Serdang  peringkat 2 dengan nilai 44 serta Kabupaten Serdang Bedagai,peringkat 1 dengan nilai 49.*