MEDAN-Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH mengatakan bahwa siapapun dan apapun kejadian bisa menjadi guru.

Hal tersebut dikatakan Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH menjawab GoSumut ketika dimintai tanggapannya seputar peringatan Hari Guru ke-73, Minggu, (25/11/2018). “Siapapun dan apapun kejadian bisa menjadi guru bagi kita. Enggak menghargai akan merugikan diri sendiri, keluarga dan bisa masyarakat,” kata Kapolda Sumut lewat pesan Aplikasi WhatsApp.

Namun, lebih lanjut diterangkan Alumnus Akpol Tahun 1989 ini, mengingat peran guru teramat penting bagi kehidupan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dirinya sangat menyayangkan profesi mulia guru dalam mencerdaskan bangsa sering kali diabaikan. “Profesi yang sangat besar peranannya dalam mengembangkan sumber daya manusia, sering kali dilupakan jasanya oleh mantan anak didiknya,” terang Irjen Pol Agus Andrianto.

Namun ketika ditanya hal ideal yang harus dilakukan terkait peran penting guru tersebut, orang nomor satu di Mapolda Sumut ini dengan lugas menuturkan bahawa tidak ada yang ideal. “Gak ada ukuran ideal kecuali Alloh SWT,” tutur Irjen Pol Agus dengan lugas.

Sebagaimana diketahui, Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya.

Sedangkan untuk Indonesia sendiri, Hari Guru diperingati setiap Tanggal 25 November.

Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah.