PALAS- Pimpinan Pusat Fatayat Nadhlatul Ulama (NU) bekerjasama  dengan Kementerian Desa ,Transmigrasi dan Daerah Tertinggal (KPDT) mengadakan penguatan kapasitas perempuan desa dalam pembangunan desa. Acara dihelat di Aula Kantor Camat Ulu Barumun, Kamis (22/11/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pengurus pusat Fatayat,Muslimah NU , Camat dan Tenaga Ahli (TA) Kabupaten serta Sekretaris Dinas Pemdes Sainal Nasution serta diikuti  peserta Pengurus Fatayat NU Kecamatan se- Kabupaten Palas ,Kegiatan berlangsung selama empat hari mulai 22-25 November 2018.

Sekretaris Dinas Pemdes Kabupaten Palas Sainal Nasution didampingi TA Kabupaten. Darwis Hasibuan mengatakan pihaknya   mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Fatayat NU ini.

Ia  berharap pelatihan dapat memberikan pemahaman kepada seluruh peserta yang hadir akan pentingnya peran perempuan dalam keikut sertaan pembangunan desa.

Kata Sainal, Pembangunan desa harus melibatkan seluruh unsur masyarakat termasuk perempuan ."Kegiatan Pelatihan penguatan kapasitas perempuan desa dalam pembangunan desa  dalam upaya meningkatkan peran perempuan dalam mensukseskan pembagunan desa ,maka perempuan di desa harus diberi pengetahuan baik informasi maupun skill,"terangnya.

  Sementara Tenaga Ahli (TA) Pendamping Desa  Kabupaten Palas Darwis Hasibuan berharap,  seluruh peserta yang mengikuti  pelatihan agar benar-benar mengikuti sehingga  mampu mengaplikasikan pengetahuan  yang  didapat selama pelatihan untuk diadopsi kepada masyarakat.

  Darwis  menjelaskan, pelatihan penguatan ini memberi manfaat yang berharga bagi kalangan perempuan untuk memiliki wawasan pengetahuan yang lebih baik tentang peran serta dalam pembangunan desa yang berkelanjutan.

“Peserta kita beri pembekalan pengetahuan dan  skill , sehingga harapannya mendorong kemajuan perekonomian  masyarakat di desa dan meningkatkan peran perempuan dalam mendukung kemajuan pembangunan desa yang mandiri ,"tandas Darwis.*