PALAS-Rangkaian tahapan tes CPNS 2018 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas)  mulai memasuki tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis computer assisten test, Ribuan peserta gagal untuk bermimpi jadi PNS.

Setelah tes administasi, peserta  harus mengikuti  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari tiga bagian materi tes yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 35 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) sebanyak 30 soal dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 35 soal.

Total jumlah soal yang harus dikerjakan para pelamar sebanyak 100 soal dalam waktu 90 menit.

Sekretaris BKPSDM Kabupaten Palas Amit Hadi Nasution .SH mengatakan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menetapkan nilai ambang batas atau passing grade agar pelamar CPNS bisa lolos dari tahapan ini.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB,kata Amit , setiap serta tes ujian CPNS  harus mencapai skor 298, dengan ketentuan 143 poin untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) ,80 poin untuk Tes Intelegensi Umum (TIU) serta 75 poin untuk Tes Wawasan Kebangsaan(TWK).

Ditegaskan Sekretaris BKPSDM Palas yang juga kordinator Panselda tes CPNS Jumat (8/11/2018) jika satu bidang tak terpenuhi, maka dipastikan peserta tes tak akan lolos, meski ia mendapat skor total di atas 298.

Kata Amit ,sampai hari kelima pelaksanaan ujian seleksi tes CPNS dari total jumlah peserta 3753 yang dinyatakan lolos administrasi setelah mengikuti seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistim passing grade hanya 24 orang yang berhasil lolos.

Peserta  yang lolos seleksi SKD untuk hari pertama, Senin(5/11/2018) sebanyak 9 orang disusul hari kedua dan ketiga sebanyak 6 orang serta hari keempat sebanyak 9 orang.

Nama -nama 24 peserta  yang lulus SKD yaitu Amrizal  Zuhdy Sachmud dokter umum untuk puskesmas Padang Garugur , Riski Sriwahyuni Penyuluh Kesehatan Masyarakat untuk Puskesmas Sosopan, Melida Fitri Siregar guru IPS untuk SMPN 1 Barumun Tengah, Lukman Rangkuti .ST analisis Informasi untuk Sekretaris Daerah.

Yulia Citra Guru matematika untuk SMPN 1 Barumun Selatan ,Mhd Johan Hasibuan Guru agama Islam untuk SDN No 0302 Hulim, Nuraini Sipahutar guru Bahasa Inggris untuk SMPN 2 Sosopan ,Ahmad Saidi Hasibuan Guru Agama Islam untuk SDN No 0901 Tanjung Baringin dan Fatimah Syahfi Guru kelas untuk SDN No 0102 Sibuhuan.

  Mukmin Siregar Auditor Unit Organisasi Inspektorat, Hasanul Arifin Fauji untuk Dinas Pertanian ,Uba Khoiriyah Lubis analisis Keuangan untuk Badan Pendapatan Pengelola Keuangan dan Asset.

AprilyaniSri Wahyuni ,Guru Matematika untuk SMPN 1 Hutarajatinggi , Amelia Solida Harefa dokter umum untuk  Puskesmas Ujung Batu III Hutarajatinggi ,Nurbana Harahap guru kelas untuk SDN No 0306 Sosopan, Henni Yusifa Nasution Guru Matematika untuk SMPN 1 Barumun  Selatan, Efri Madani Siregar Pengelola Kepegawaian untuk BKPSDM, Nur Hamidah Pohan guru Matematika untuk SMPN 3 Hutarajatinggi , Desi Kasina Fitriana untuk Dinas Pertanian , Elsa Nivriyani Guru Matematika untuk SMPN 1 Barumun Selatan, Riantih Wardiyah Guru IPA untuk SMPN 1 Hutarajatinggi dan Husein Daulay Analisis Bangunan dan Perumahan untuk Dinas Perumahan  Kawasan Pemukiman dan Perhubungan ,Mhd Taufiq Analisis Metigasi Bencana untuk Dinas PU dan Sri Ariati Saragih Guru Matematika untuk SMPN 6 Sosa.*