JAKARTA - Ajang Piala AFF 2018 yang akan digelar mulai, Kamis (8/11/2018) tidak hanya melibatkan Tim Nasional Indonesia saja. Pasalnya, perangkat pertandingan asal Tanah Air juga turut ambil bagian dalam kejuaraan dua tahunan tersebut. Ya, Indonesia saat ini telah memiliki lima wasit berlisensi FIFA diantaranya Thoriq Munir Alkatiri, Musthofa Umarella, Yudi Nurcahya, Oki Dwi Putra dan Dwi Purba Adi Wicaksana.

Selain wasit, Indonesia juga punya tujuh asisten wasit berlisensi FIFA seperti Agus Prima Aspa, Beni Andriko, Nurhadi dan Bangbang Syamsudar. Beberapa diantara mereka mendapat kepercayaan untuk memimpin pertandingan di Piala AFF tahun ini.

Thoriq Alkatiri ditemani dua asisten wasit Nurhadi dan Bangbang Syamsudar akan menjadi pengadil untuk laga Laos kontra Vietnam yang digelar besok (8/11) malam di Stadion Nasional Laos. Selain mereka bertiga, pertandingan tersebut juga melibatkan pengawas pertandingan (match commissioner) asal Indonesia, Asep Saputra.

Thoriq dan beberapa wasit serta asisten wasit tersebut memang biasa bertugas pada kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air, Go-Jek Liga 1 2018. Nama-nama mereka pun sudah akrab terdengar oleh publik sepak bola Indonesia karena ketegasannya dalam memimpin pertandingan.

Thoriq contohnya. Pria asal Purwakarta ini telah mendapatkan lisensi FIFA sejak 2014. Pria 29 tahun tersebut memang dikenal sebagai salah satu pengadil terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Tak hanya itu, Thoriq juga menjadi satu-satunya wasit asal Indonesia yang mendapatkan kategori elite referee.

Status tersebut (elite referee) menjadikan Thoriq masuk dalam jajaran elite wasit AFC. Hal ini berarti, Thoriq sudah bisa bertugas pada pertandingan besar di kompetisi level Asia, seperti Piala Asia atau Liga Champions Asia.

Selain Thoriq, Oki Dwi Putra juga akan bertugas di Piala AFF. Wasit asal Bandung berusia 35 tahun itu akan menjadi pengadil pertandingan Myanmar melawan Kamboja di Stadion Mandalar Thiri, Senin (12/11/2018) mendatang.

Sementara itu pengawas pertandingan (match commissioner) Indonesia, Asep Saputra yang setiap harinya berprofesi sebagai manajer kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) itu, tak hanya bertugas pada laga Laos kontra Kamboja. Match Commissioner berlisensi AFC ini juga akan menjadi pengawas pertandingan Kamboja versus Laos pada Selasa (20/11) malam di Stadion Olimpiade Phnom Penh. ***