MEDAN - Ribuan pecinta motor akan ramaikan Sumatera Bike Week 2018 di Lapangan Benteng, Medan, pada 29 November - 2 Desember 2018 mendatang. Pada even bertaraf internasional tersebut, telah diundang klub-klub pecinta motor dari berbagai negara. Selain itu akan hadir juga klub motor dari berbagai provinsi di Indonesia.

CHJ Gultom selaku Ketua harian Extrim Indonesia sekaligus panitia even tersebut mengatakan, even ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya mancanegara ke Sumatera Utara.

“Even ini bisa mendukung pariwisata, olahraga dan wisata. Jadi even ini pinonir dari wisata olahraga yang bisa mendatangkan wisatawan mancanegara,” ujar Gultom dalam temu pers di markas Harley Davidson Medan, Selasa (6/11) malam.

Even tersebut lanjut Gultom, merupakan promosi pariwisata dengan para pencinta kendaraan roda dua. “Bikers datang ke Sumut belum ada paket travel yang menjual wisata dengan kendaraan roda dua,” katanya.

Gultom menambahkan, even ini tidak hanya mengundang klub motor besar (moge). Even ini mengajak klub motor yang berada di bawah Ikatan Motor Indonesia (IMI) ikut bergabung, termasuk motor dengan cc kecil.

“Acara ini bukan hanya even extrim dan Harley, karena kita akan melibatkan seluruh klub roda dua yang tergabung dalam klub motor Indonesia. Diperkirakan sekitar 30 klub motor akan bergabung,” terangnya.

Serupa dengan Gultom, Humas Harley Davidson Indonesia Medan Dedi Dermawan mengatakan, even ini bisa membantu program pemerintah di bidang pariwisata. Untuk itu, nantinya akan diadakan touring mengelilingi objek wisata Danau Toba.

"Danau Toba terpilih sebagai tujuan lantaran objek wisata tersebut merupakan destinasi utama di Sumatera Utara. Selain itu akan diadakan penanaman pohon aren di Aek Nauli serta penyebaran 5000 bibit ikan di Danau Toba," kata Dedi.

Selain itu Dedi mengharapkan dukungan seluruh bikers dari seluruh Sumatera Utara untuk menyambut tamu yang akan datang ke Medan. “Dengan dukungan bikers Sumut, kita berharap sinergi dalam menyambut tamu,” ujarnya.

Pada even tersebut juga akan diadakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) EXtrem ke 15 tahun, pameran mobil antik, festival kuliner Sumut, dan juga akan ada pertunjukan motor trail. Stand usaha kecil mikro menengah jumlahnya 60 stand kuliner dan 10 non kuliner. Selain itu ada product workshop oleh harley, extrim, yamaha dan beberapa perusahaan lainnya.

Even tersebut diagendakan akan dibuka oleh Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin dan akan ditutup oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.Turut hadir pada kesempatan tersebut sekretaris HDCI Hafiz, Ketua HDCI Medan Tengku Rinel, dan sejumlah perwakilan klub motor.