LABUHANBATU- Untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, meminimalisir kecelakaan lalu lintas, dan meningkatkan citra positif Polri, Polres Labuhanbatu melaksanakan Operasi Zebra 2018.

"Operasi ini juga untuk terwujudnya keamanan, keselamatan, dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas) jelang Natal 2018 dan tahun baru 2019," ujar Waka Polres Labuhanbatu, Kompol Anggoro Wicaksono saat pimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra, Selasa (30/10/2018) di halaman Mapolres Labuhanbatu.

Waka Polres, Anggoro dalam amanatnya mengatakan, sasaran prioritas penindakan dalam operasi ini adalah mengemudi dengan menggunakan handphone, melawan arus, sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan yang berboncengan tidak menggunakan helm SNI dan mengemudi menggunakan narkoba.

"Operasi zebra akan dilakukan dari tanggal 30 Oktober 2018 hingga 12 November 2018," jelasnya.

Dalam mengatasi permasalahan di dalam berlalu lintas, kata dia, tidak bisa hanya berdiam diri saja, melainkan wajib bertindak, melakukan berbagai upaya, dalam hal ini menciptakan pemerintahan yang bertanggung jawab dalam membina kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder.

"Dalam melaksanakan tugas, polisi harus profesional, modern, dan terpercaya. (Promoter) Profesional yakni meningkatkan kompetensi SDM Polri yang semakin berkualitas melalui peningkatan kapasitas pendidikan dan pelatihan, serta melakukan pola-pola pemolisian berdasarkan prosedur baku yang sudah dipahami, dilaksanakan, dan dapat diukur keberhasilannya. Moderen, yakni melakukan modernisasi dalam layanan publik yang didukung teknologi sehingga semakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat, termasuk pemenuhan kebutuhan Almatsus dan Alpakam yang makin modern," paparnya.

Waka Polres melanjutkan, Terpercaya, dengan melakukan reformasi internal menuju Polri yang bersih dan bebas dari KKN, guna terwujudnya penegakan hukum yang obyektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan.

Dalam gelar pasukan ini, dihadiri seluruh personel Polres Labuhanbatu, TNI, Polisi Militer, Dinas perhubungan. Waka Polres, Anggoro juga menyematkan pita secara simbolis kepada Satlantas, Polisi Militer dan Dinas perhubungan tanda resminya Operasi Zebra 2018.