MEDAN-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Medan goes to school menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) merekam E-EKTP.

Hal itu dilakukan guna menjaga hak pilih pemilih pemula dengan semboyan *#jaga Hak Pilih Warga Medan, Bawaslu Kota Medan 'Goes to school'. "Pemilih pemula merupakan salah satu pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya pada pemilu pada tanggal 17 April tahun 2019. Berdasarkan pengalaman, pemilih pemula banyak yang tidak menggunakan hak pilihnya dikarenakan tidak terdaftarnya di Daftar Pemilih Tetap (DPT)," ujar Koordinator Divisi (Koordiv) Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Medan, M Fadly, Kamis, (25/10/2018).

Selain itu, lanjut dijelaskan Fadly, syarat memilih juga harus membawa E-KTP atau KTP elektronik, berusia 17 Tahun dan atau sudah pernah kawin.

Oleh sebab itulah maka Bawaslu Kota Medan bersama Disdukcapil kota Medan melakukan perekaman langsung ke sekolah-sekolah. "Hari ini, Kamis 25 Oktober 2018 kita lakukan di SMA dan SMK Namira, Jalan Pasar 1 Tanjungsari dan SMA/SMK Yayasan Pendidikan Mulia, Jalan Kenangan Raya Medan," jelasnya.

Bentuk Pengawasan

Senada dengan itu, Ketua Bawaslu Medan, Payung Harahap didampingi Anggiat Turnip dan Taufiqurrohman Munthe dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk pengawasan Bawaslu Kota Medan. "Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengawasan dalam rangka menjaga hak pilih masyarakat guna menyukseskan pemilu 2019 yang akan datang," kata Payung.

Sementara itu, pihak sekolah SMA/SMK Namira melalui PKS 1 Bayu Perdana, SPd menyambut baik kegiatan ini. "Kami sangat merasa terbantu sekali dengan kegiatan ini, mengingat anak-anak murid kami sekolahnya full day jadi tidak punya waktu untuk melakukan perekaman E-KTP di dinas terkait," katanya.

Di sisi lain, petugas dari Disdukcapil Kota Medan mengatakan, untuk menyukseskan Pemilu Tahun 2019, pihaknya akan melakukan perekaman KTP-E di sekolah lainnya yang ada di Kota Medan. "Kami akan melakukan kegiatan yang sama di sekolah-sekolah yang bersedia melakukan perekaman E-KTP," kata petugas dari Disdukcapil Medan.