Palas – Ketua KPUD Kabupaten Padang Lawas (Palas) bersama Komisioner dan anggota kunjungi desa-desa di seluruh wilayah kecamatan dalam rangka mensosialisasikan pemilu serentak tahun 2019, kepada forum warga berbasis keluarga.

Turun ke desa untuk meningkatkan partisipasi hak pilih ini dimulai Rabu (17/10) yang diawali dari Desa Janji Lobi Kecamatan Barumun yang dikoordinir Indra Syabana Nasution selaku komisioner divisi hukum.

Di Desa Panarian, Kecamatan Barumun Selatan dikoordinir Amran Pulungan selaku Ketua KPU Palas. Di Desa Pagaranbira, Kecamatan Sosopan dikoordinir Rahmat Habinsaran Daulay selaku divisi teknis.

Di Desa Paringgonan dikordinir Atas Siregar, Komisioner Divisi Proda dan Desa Pasar Binanga dikordinir Parman Nasution, Komisioner Divisi Keuangan dan Logistik.

Kunjungan Tim KPU ke desa dibagi menjadi 5 Tim guna mensosialisasikan pemilu serentak tahun 2019 kepada forum warga yang berbasis keluarga, seperti naposo nauli bulung di setiap desa yang dikunjungi.

"Kegiatan terjun ke desa-desa dilaksanakan secara serentak dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat menggunakan hak pilih pada 17 April 2019 mendatang," kata Ketua KPUD Palas, Amran Pulungan, Minggu (21/10/2018).

Kata Amran, kegiatan sosialisasi direncanakan terus berlanjut dengan turun ke lapangan dan bertemu langsung dengan masyarakat. Melalui pertemuan-pertemuan di tingkat desa diharapkan masyarakat lebih mudah berkomunikasi bersama penyelenggara pemilu.

“Dengan tatap muka langsung, persoalan menyangkut Pemilu ini bisa ditampung, sehingga peningkatan partisipasi pemilih, khususnya pemilih milenial, yakni naposo nauli bulung," ujarnya.

Kunjungan ke desa - desa meski tidak dilaksanakan secara reguler, akan tetapi sosialisasi terus berlanjut ke desa yang yang siap dikunjungi untuk menggelar pertemuan.