Palas - Harga cabai merah di pasar Tradisional Ujung Batu, Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas) mencapai Rp 60.000.-perkg.

Kenaikan harga cabai ini dikarenakan musim hujan yang cukup tinggi dalam beberapa pekan belakangan ini.

Demikian disampaikan Camat Sosa.H Asnan Lubis melalui Kepala Pasar Ujung Batu.H Haspan Sikumbang, Jumat (19/10/2018) di Sosa.

“Selama ini pemasok utama cabai di Pasar Ujung Batu dari Tarutung serta dari masyarakat petani sekitar Kecamatan Sosa,” jelas H Haspan.

Namun karena sekarang ini musim penghujan, kata dia, banyak petani cabai yang gagal panen karena diserang banjir sehingga memicu kenaikan harga cabai merah.

Namun bahan kebutuhan pokok lainnya masih tetap stabil. Seperti bawang merah, tomat, daging dan sayur mayur serta kentang dan kol, masih belum ada kenaikan.

Sementara itu salah seorang pedagang bumbu masak dilokasi pasar Ujung Batu, Fian Lubis mengatakan, kenaikan harga cabai merah terus melonjak sejak sepekan lalu.

“Harga cabai merah terus meningkat dalam dua pekan ini, puncaknya kenaikan yang paling tinggi sudah mencapai Rp 60.000,-/perkg,” jelas pedagang yang mangkal dilokasi pasar tradisional Pasar Ujung Batu

Dampak kenaikan harga ini, kata dia sedikit berpengaruh kepada omset penjualan sedikit menurun.

Namun biasanya, lanjut Fian, apabila cuaca sudah mulai membaik nantinya harga cabai dengan sendirinya akan berangsur normal kembali.

Di tempat terpisah, ibu rumah tangga Salmawati Daulay mengatakan, kenaikan harga cabai membuat para ibu rumah tangga harus pandai-pandai, karena tidak bisa membeli dalam jumlah yang banyak.

“Kalau harga cabai merah terus mahal, terpaksa dibeli secukupnya lalu dicampur dengan cabai rawit agar tidak terlalu tercukupi untuk kebutuhan keluarga,” aku Salma.