BELAWAN-Camat Medan Deli Fery Suhery Sos turun langsung menormalisasi drainase maupun parit di Gang Padi Lingkungan 18 Kelurahan Tanjung Mulia, Medan Deli. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya penyumbatan maupun sendimentasi sehingga memicu terjadinya banjir. Apalagi dalam berapa hari ini intensitas hujan mulai meningkat.

Dalam pelaksanaanya, Camat Medan Deli Fery Suhery Sos menurunkan puluhan tim busernya yang tergabung dalam Petugas Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) dan alat berat dari Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Dinas Pekerjaan Umum (PU)  Wilayah Medan Utara.

Meski hanya menggunakan cangkul dan penggaruk namun tidak menjadi halangan bagi P3SU untuk membersihkan drainase maupun parit tersebut.

"Drainase ini sudah lama tidak dinormalisasi. Selain banyak sampah, permukaannya pun dipenuhi semak belukar sehingga kawasan ini rentan dengan banjir," ujar Camat Medan Deli, Fery Suhery Sos dalam keterangannya yang diterima GoSumut, Sabtu (13/10/2018).

Oleh karena itu, kata Fery menjelaskan pihaknya turun untuk menormalisasinya drainase maupun parit."Jadi, hari ini kita turun langsung menormalisasi drainase maupun parit.

Semoga dengan normalisasi yang dilakukan ini, dapat meminimalisir terjadinya banjir di kawasan ini," jelasnya.

Selain itu, orang nomor satu di Kecamatan Medan Deli ini mengungkapkan, pihaknya juga telah menormalisasi sebagian drainase maupun parit di wilayah kerjanya.

"Normalisasi akan terus kita lakukan hingga tuntas. Jika drainase berfungsi dan air mengalir lancar, insya Allah kecil kemungkinan terjadinya genangan air maupun banjir," ungkapnya.

Kendati demikian Fery juga mengimbau, warga sekitar harus menjaga kebersihan drainase yang telah dinormalisasi. Sebab, peran warga sangat menentukan unuk membuat drainase berfungsi atau tidak berfungsi.

"Kita harapkan kepedulian dan dukungan warga untuk selalu menjaga kebersihan drainase," tandasnya.*