JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI, Anang Hermansyah mendesak pemerintah agar segera melakukan Loby terhadap Federasi Judo Internasional.

Desakan ini disampaikan Anang saat menanggapi kasus Miftahul Jannah yang didiskualifikasi dari Asian Para Games gara-gara mempertahankan hijab.

"Kasus ini telah menyita publik tanah air. Sikap dia telah menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. Keteguhan sikapnya dalam mempertahankan keyakinan keagamannya merupakan landasan sikapnya," ujar Anang kepada GoNews.co, Selasa (9/10/2018) malam.

Anggota DPR yang membidangi olahraga ini juga mengatakan, soal aturan Judo agar melepas atribut merupakan aturan yang telah menjadi norma dalam pertandingan. Namun kata musisi asal Jember ini, jika aturan tersebut diterapkan, tentu banyak "korban"

"Miftahul Jannah baru yang akan muncul jika masih tetap begitu," tegasnya.

"Saya kira perlu jalan tengah atas persoalan ini. Salah satunya, pemerintah dapat melakukan inisiasi dengan melakukan lobi ke federasi olahraga judo agar mengubah norma ihwal penggunaan jilbab," paparnya.

Menurutnya, fakta sosiologis masyarakat Internasional soal masyarakat muslim merupakan fakta yang tidak dapat diabaikan. "Jangan karena aturan tersebut, olahragawan muslim menjadi terkendal," ungkap Anang,

Harapannya kata dia, penggunaan jilbab bagi atlit bukan menjadi penghalang untuk meraih sukses. ***