Palas - Pencanangan Baksos TNI Manunggal KB Kesehatan dan Kampung KB Tingkat Kabupaten Padang Lawas (Palas) di pusat di Desa Siali-ali, Kecamatan Lubuk Barumun.

Sekdakab Palas Arpan Nasution.S.Sos sekaligus membuka kegiatan pencanangan Manunggal TNI -KB Kes mengatakan, dengan semangat gotong royong dan sinergi, mari kita jadikan kampung KB sebagai poros Keluarga Berencana.

Peran aktif masyarakat mendukung program pemerintah, kata Sekda mengajak, warga untuk meningkatkan kesadaran dalam mensukseskan program keluarga berencana mulai dari tingkat desa sampai Kabupaten.

"Partisipasi warga dan keluarga meningkatkan penggunaan metode kontrasepsi yang rasional efektif dan efisien, guna terciptanya peningkatan pembinaan tumbuh kembang anak," ujar Sekda.

Kata Arpan, pencanangan program kampung KB di Kabupaten Palas memiliki peran penting dalam meningkatkan SDM dan taraf hidup masyarakat, hal ini sejalan dengan program presiden yakni progran Nawacita.

Ia juga berharap, setelah pencanangan ini semua elemen masyarakat yang didukung oleh berbagai pihak menjadikan Kabupaten Palas, dapat menciptakan keluarga yang
lebih sejahtera dan menciptakan kondisi yang harmonis.

Sebelumnya Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(P2KB-P3A) H.Amir Soleh Nasution, Jumat (5/10) sore mengatakan, menjadi ikon program kependudukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Ditambah Amir, program KB juga dapat meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat dengan pembangunan keluarga sejahtera

"Pencanangan Manunggal TNI KB-Kes, untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera dengan penerapan fungsi keluarga terbesar dari kemiskinan ,keterbelakangan serta kebodohan," pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pengutingan pita oleh Sekda yang menandakan pembukaan pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) kemudian dilanjutkan dengan pembinaan dan penyuluhan kepada ibu ibu PKK dan Kepala Desa dan sasaran program KB yang ditargetkan secara nasional

Dalam kesempatan itu, hadir unsur Forkopimda, Dandim 0212/TS yang diwakili Perwira Penghubung Mayor Inf. S.Pasaribu, Pimpinan OPD sejajaran Pemkab Palas, pengurus TP PKK desa, Kecamatan serta Kabupaten dan seluruh PLKB.