MEDAN-Pangihutan SE membaur dengan warga saat menghadiri peringatan 1 Suro di Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Medan Polonia, Rabu, (19/92018).

Peringatan 1 Suro Tahun 2018 yang dilaksanakan di Jalan Cinta Karya Gang Utama Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Medan Polonia itu dihadiri sejumlah Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda serta warga masyarakat lainnnya. “Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang kita laksanakan setiap tahunnya dalam memperingati 1 Suro,” ujar Sugeng, Ketua Perwiritan setempat ketika didaulat memberi sambutan seperti dihimpun GoSumut.

Dijelaskannya, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan rutin ini sebagai bentuk rasa syukur dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam atau 1 Suro dalam penanggalan jawa. “Peringatan 1 Suro ini bagian dari rasa syukur kita sekaligus untuk menginterospeksi diri tentang apa saja yang telah diperbuat pada tahun sebelumnya,” jelas Sugeng.

Senada dengan itu, Grek, Tokoh Pemuda setempat mengatakan bahwa agenda rutin dan doa bersama yang dilakukan setiap tahun dalam memperingati 1 Suro tersbut juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi anatara sesama warga di daerah tersebut. “Silaturahmi yang dirangkai dengan doa dan makan bersama ini merupakan agenda rutin yang telah berlangsung sejak lama di kampung kami ini,” katanya.

Oleh karenanya, Grek mengharapkan kegiatan ini hendaknya dapat terus dilestsarikan di tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu, Pangihutan sendiri sangat mengapresiasi warga Jalan Cinta Karya Gang Utama Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Medan Polonia yang telah mengundangnya untuk hadir dalam silaturahmi pada peringatan 1 Suro tersebut. “Tentu saya mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi panitia dan warga serta seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan acara silaturahmi 1 Suro ini,” ucapnya.

Disebutkannya, kegaitan sosial seperti ini hendaknya dapat dilestarikan di tengah-tengah kehidupan masyarakat. “Ini sangat baik untuk dilestarikan. Sebab, peringatan 1 Suro ini merupakan budaya lokal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, khususnya masyarakat Jawa,” sebut Alumni SD Inpres Nomor 064027 Karangsari Polonia ini.

Oleh karena itu, lanjut diterangkan Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Perindo untuk DPRD Medan dari Daerah Pemilihan (Dapil) 5 Kota Medan yang meliputi Kecamatan Medan Polonia, Medan Johor, Medan Sunggal, Medan Selayang, Medan Maimun dan Kecamatan Medan Tuntungan ini, dirinya mendukung dan senantiasa hadir pada setiap kegiatan sosial masyarakat yang ada di tempat kelahirannya itu