SOLO - Kawasan Bundaran Gladak Solo pada Minggu (9/9/2018) pagi berubah menjadi lautan manusia. Mereka mengikuti Jalan Sehat Umat Islam dan Masyarakat Solo yang diselenggarakan Dewan Syariah Kota Solo (DSKS).

Warga mulai berdatangan sejak sekitar pukul 05.00 WIB. Mereka berkumpul di Bundaran Gladak kemudian diberangkatkan melalui rute Jl. Jenderal Sudirman, belok kiri di Jl. Ronggowarsito, terus ke barat sampai depan Mangkengaran, belok kiri lagi lewat Jl. Diponegoro menuju Jl. Slamet Riyadi dan kembali ke Bundaran Gladak.

Beberapa wartawan yang berada di lokasi melaporkan tidak terlihat tanda-tanda kehadiran musisi Ahmad Dhani maupun Neno Warisman di acara tersebut.

Diinformasikan, Jalan Sehat Umat Islam dan Masyarakat Solo yang digelar DSKS akhirnya mendapat izin dari Polresta Surakarta, Sabtu (8/9/2018). Namun, lokasi acara dipindahkan dari semula Lapangan Kota Barat ke Bundaran Gladak.

Semula, acara itu akan dihadiri Ahmad Dhani dan Neno Warisman yang juga penggerak #2019GantiPresiden. Namun mereka batal karena ada penolakan dari sekelompok masyarakat. Aksi ini akhirnya dipimpin juru bicara presidium #2019GantiPresiden, Mustofa Nahrawardaya. Gr2 Mustofa mengatakan, di Solo ada dua aksi lain yaitu kirab yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, dan acara Senam Pagi yang disebut Mustofa sebagai tandingan dan penyebab deklarasi #2019GantiPresiden berubah jadi jalan sehat.

"Semakin dihambat, mereka semakin banyak datang. Bahkan perubahan tempat sehari sebelumnya itu mereka tahu. Jadi meski dipindah-pindah, mereka mau pindah dua jam sekali pun tahu," ucap Musutofa kepada kumparan, Minggu (9/9/2018).

Karena ada larangan dan tekanan, aksi yang berubah menjadi 'Jalan Sehat Umat Islam' ini disebarkan melalui WhatsApp dan media sosial. Dampaknya ternyata sangat signifikan dengan banyaknya massa yang hadir dan tak ada gesekan di masyarakat.

"Semalam saya bertemu Kapolres Solo di Ngruki. Intinya sepakat tidak ada kericuhan, keributan, semua teduh. Ada juga utusan Kapolda yang sudah bertemu ngobrol di Ngruki," pungkas Mustofa.***