MEDAN-Tim gabungan Polrestabes Medan menggiring delapan orang usai menggelar Operasi Grebek Kampung Narkoba (GKN) di Jalan Jermal XV. Penggerebekan tersebut dilakukan berdasarkan tindak lanjut dari laporan masyarakat tentang maraknya peredaran narkotika di lokasi tersebut.

 

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSi memaparkan, sekitar pukul 16.00 WIB, personel Satres Narkoba dan Sat Sabhara dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba, AKBP Raphael Sandy Cahyo Priambodo SIK dan Kasat Sabhara AKBP Sony W Siregar melakukan operasi Penggerebekan Peredaran Narkotika di seputaran tanah garapan yang berada di Jalan Jermal XV.

“Saat melakukan penggerebekan, petugas mendapat perlawanan dari para pelaku narkoba dengan memukul lonceng untuk mengumpulkan massa dan bersama-sama melakukan penyerangan terhadap personel,” papar Kombes Pol Dadang, Selasa, (28/8/2018).

Akan tetapi, Alumnus Akpol Tahun 1994 ini menerangkan, situasi dapat dikendalikan dan para pelaku berhasil diamankan. “Alhasil, delapan orang tersangka yang diduga sebagai pelaku tindak pidana narkoba dan pelaku penyerangan terhadap petugas berikut barang bukti senjata tajam, panah, tombak, clurit dan klewang berhasil diamankan,” terangnya seraya menambahkan Operasi GKN ini dilaksanakan berdasarkan tindak lanjut dari laporan masyarakat tentang maraknya peredaran narkotika di lokasi tersebut.

Diungkapkan peraih Naskah Strategi Persorangan (Nastrap) terbaik pada Pendidikan Regional (Dikreg) ke-26 Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Tahun 2017 ini, GKN tersebut juga dilaksanakan untuk melakukan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di wilayah hukum Polrestabes Medan.

“GKN ini merupakan upaya kita untuk melakukan P4GN di wilayah hukum Polrestabes Medan. Intinya, kita ingin wilayah ini bebas dari bahaya narkotika,” jelas Kombes Pol Dadang. Begitupun, orang nomor satu di Mapolrestabes Medan ini belum bisa membeberkan peran dan status delapan orang  yang diamankan dalam Operasi GKN itu. “Saat ini, delapan orang yang diamankan dalam GKN itu tengah menjalani pemeriksaan secara intensif di Mapolrestabes Medan,” tandasnya.

Pantauan di Mapolrestabes Medan, delapan orang yang diamankan pada Operasi GKN itu berjalan jongkok dari Lapangan Apel ke Gedung Satres Narkoba Polrestabes Medan.