PALAS- Pemerintah Kabupaten Padang Lawas ( Palas ) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( P2KB - P3A )  mencanangkan Desa Handis Julu menjadi Kampung KB, di wilayah Kecamatan Barumun.
 
 
Kegiatan pencanangan kampung KB di lokasi Desa Handis Julu, Kecamatan Barumun,ditandai penguntingan pita oleh Camat Barumun As, ad Tupeil Nasution.  "Untuk mencapai tujuan program KB  sangat dibutuhkan sinergisitas semua elemen yang terlibat ikut mekampanyekan ditengah masyarakat," kata Camat,Minggu (26/8/2018)di Sibuhuan.  

Menurutnya, program KB  sudah dicanangkan oleh pimpinan umat dan bangsa. "Maksud agar kita memiliki rencana dalam membina bahtera hidup yang baik didukung dengan faktor pendidikan maupun ekonomi dan lainnya,"ujarnya.  

Kepala Dinas  Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (P2KB- P3A  ) diwakili Sekretaris Mariam mengatakan, untuk membangun keluarga sejahtera dan bahagia dianjurkan menerapkan program KB dikeluarga. 
 
Sasaran  kegiatan Pencanangan KB adalah pasangan usia subur ( PUS) dengan Fokus daerah Galcitas. "Bentuk kegiatan yang dilaksanakan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi berupa PIL,Suntik,IUD,Implant dan Kondom," terang Mariam.  Selain itu, tambah Mariam, untuk  akses pelayanan peserta Akseptor KB baru dengan fokus daerah tertinggal,terpencil dan perbatasan ( Galcitas ). "Untuk 2018 ini daerah yang aksesnya galcitas  adalah Kecamatan Barumun," imbuhnya. 

Hadiri  Kepala Desa Handis Julu Effendi Hasibuan ,Sekretaris  P2-KB-P3A Palas Mariam ,Camat Barumun As, ad Tupeil Nasution, bidan desa,PKK Desa dan anggota peserta KB  Kecamatan Barumun.