JAKARTA -Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana dituding hanya menebar janji. Pasalnya,  dana pelatnas Triathlon yang dijanjikan sudah dua pekan lalu tak juga dikucurkan padahal penyelenggaraan Asian Games XVIII sudah memasuki hari kelima, Kamis (23/8/2018) setelah Presiden Jokowi membuka secara resmi pagelaran pesta olahraga empat tahunan negara-negara Asia tersebut. 

"Deputi IV Kemenpora, Mulyana hanya sebatas janji bakal menurunkan dana pelatnas Triathlon Asian Games 2018. Sudah dua pekan lalu dijanjikan akan dikeluarkan ttetapi sampai sekarang tak terbukti dan dana itu belum juga masuk ke rekening PP FTI," kata Humas Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PP FTI), Sita de Sanova yang dihubungi melalui telepon selular, Kamis (23/8/2018). 

Menurut Sita, pihaknya dijanjikan Deputi IV Kemenpora, Mulyana paling lambat dana pelatnas Triathlon itu sudah ditransfer ke rekening PP FTI, Selasa (21/8/2018). Hal itu terkait dengan ramainya pemberitaan di berbagai media dua pekan lalu yang menyebutkan PP FTI belum mendapatkan dana pelatnas Triathlon Asian Games 2018. 

"Saya sudah dihubungi pak Mulyana saat ramai pemberitaan dan dia menjamin dana itu sudah ditransfer ke rekening FTI paling lambat, Selasa (21/8/2018). Bahkan, saya juga sudah bertemu dengan staf Deputi IV, Sumarno untuk mengecek kelengkapan administrasi. Kok bisa ya sampai sekarang dana belum juga ditransfer? Kan, pelatnas triathlon Asian Games 2018 itu masuk dalam program Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) yang ditandatangani Presiden Jokowi dimana dananya ditanggung pemerintah," tanya Sita. 

Penegasan dana pelatnas Asian Games 2018 yang belum juga diterima juga disampaikan Manajer Tim Triathlon Indonesia, Armand van Kempen.  "Sampai saat ini, Triathlon yang sudah masuk dalam daftar Kontingen Indonesia nggak dapat anggaran pelatnas Asian Games 2018 dari Kemenpora sepeserpun. Seluruh biaya kita tanggung sendiri termasuk pembelian peralatan sepeda," tegasnya. 

Sebelumnya, Mulyana pernah menjanjikan akan menyelesaikan dana pelatnas Triathlon Asian Games 2018 secepatnya. Bahkan, dia menjamin dana tersebut secepatnya dikeluarkan mengingat kontrak sudah ditandatangani pihak PP FTI dan Kemenpora.  "Dana Pelatnas Triathlon Asian Games 2018 sudah diproses. Dan, saya garansi dana tersebut sudah bisa cair langsung pekan depan," kata Mulyana yang dihubungi melalui telepon selular, Jumat (10/8/2018).