BELAWAN-Polres Pelabuhan Belawan melaksanakan pengamanan (PAM) Sholat Idul Adha 1439 H di wilayah hukumnya dengan cara metode Buddy System.

PAM yang dilaksanakan dengan secara terbuka dan tertutup dengan metode Buddy System itu agar masyarakat yang melaksanakan ibadah merasa aman dan nyaman.

"Pengamanan ini dilakukan untuk mendukung kelancaran rangkaian sholat Idul Adha 1439 H di wilayah hukum Polres Belawan," ujar Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan Lubis SH MH dalam keterangan tertulisnya yang diterima GoSumut, Rabu (22/8/2018).

Dijelaskan Ikhwan, pengaman Sholat Idul Adha yang diprioritaskan dilakukan dengan cara melekat. "Sementara, untuk Lokasi yang tidak prioritas (rawan Kamtibmas dan macet) dilakukan pengamanan dengan cara mobile (patroli)," jelas mantan Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Sumut ini.

Selain itu, kata Ikhwan, dalam pelasanaannya pihaknya mengerahkan personel Polres Pelabuhan Belawan dan Jajaran Polsek Polres Belawan. "Sebanyak 200 orang personel kita kerahkan untuk mengamankan pada saat melaksanakan Shalat Idul Adha di mesjid di wilayah hukum kita," kata orang nomor satu di Mapolres Pelabuhan Belawan ini.

Selajutnya, diterangkan Ikhwan, setelah selesai kegiatan Sholat Idul Adha kemudian dilanjutkan dengan pengamanan kegiatan pemotongan Hewan Qurban oleh personel yang telah ditunjuk.

"Alhamdulilah, pengamanan yang kita lakukan berjalan dalam keadaan aman dan baik. Karena polisi ada di mana-mana untuk mencegah gangguan kamtibmas," tandasnya.