PALAS -Konvoi pawai Karnaval dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT ) ke-73  Kemer­dekaan RI Kamis (16/8/2018)  di Lapa­ngan Merdeka Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas(Palas) berlangsung meriah. Pawai karnaval  dilepas Bupati Palas  didam­pingi­ Wabup drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu,Sekda Arpan Nasution,Perwira Penghubung Kodim 0212/TS Mayor Inf.Sondi Pasaribu, perwakilan Kajari Palas, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Abdul Rahim Hasibuan, Ketua MUI Palas H. Sehat Muda Hasibuan. 

Ketua panitia pelaksana karnaval, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan  Drs Abdul Rahim Hasibuan didampingi Sekretaris Zufri Nasution menyebutkan, pawai karnaval diikuti  murid PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTsN, SMA/SMK/MAN se Kabupaten Palas. 

Disebutkan, peserta karnaval menampilkan berbagai ragam budaya dan figur para pejuang kemerdekaan dan  80 mobil hias. Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap (TSO) usai menerima peserta pawai karnaval di  panggung kehormatan mengatakan, melalui karnaval ini seyogyanya kita gunakan untuk melakukan refleksi diri, merenung dan introspeksi apa yang telah kita per­buat untuk mengisi kemerdekaan membang­un tanah air yang kita cintai ini.

“Kita ingin segera mewujudkan kemerdekaan yang sesung­guh­nya bagi masyarakat yang dimaknai merdeka itu masyarakat yang berbudaya, merdeka itu masyarakat yang sehat dan cerdas, serta masyarakat yang sejahtera dan merdeka itu masyarakat maju dan demokratis,” katanya.

Bupati  mengajak  segenap masya­rakat dalam  merayakan HUT ke-73  Kemerdekaan RI dengan menanamkan semangat kejuangan, dan proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai tong­gak perjuangan dan sema­ngat agar ber­satu, bersama memantapkan kedaulatan dan jiwa kebangsaan, serta mewujudkan masyarakat Palas yang Bercahaya. 

Pawai karnaval yang diikuti ribuan siswa juga berlangsung dipusat ibukota Sibuhuan sempat menimbulkan  macat ketika di­lintasi peserta karnaval. Berbagai jenis pakaian adat diguna­kan para peserta pawai demikian juga sejumlah kendaraan hias seperti tank militer mewarnai pawai karnaval dan pemuda pembawa bambu runcing dengan  tampilan bak proklamator RI Pertama Ir Soekarno - Mhd Hatta juga mewarnai semarak HUT RI dipusat  Ibukota Sibuhuan. Ribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan kegiatan pawai karnaval tersebut disepanjang jalinsum Sibuhuan.